Inilah Golongan yang Mengiringi Jenazah

Hadits  

Manusia diciptakan oleh Allah SWT untuk senantiasa beribadah kepada-Nya. Amal ibadah yang dikerjakan diharapkan menjadi bekal di akhirat kelak. Dan sebaik-baiknya bekal itu adalah bekal taqwa.

Sebab, bila nanti telah diwafatkan oleh Allah, maka amal semua manusia akan terputus kecuali tiga hal, yakni sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan doa anak yang saleh.

Ketika mereka yang wafat dan diantar ke kuburan, maka tiga kelompok yang akan mengiringi. Dari tiga kelompok itu, hanya satu yang bersedia menemani, sedangkan yang dua akan kembali.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

حَدَّثَنَا الْحُمَيْدِيُّ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ أَبِي بَكْرِ بْنِ عَمْرِو بْنِ حَزْمٍ سَمِعَ أَنَسَ بْنَ مَالِكٍ يَقُولُ

Telah menceritakan kepada kami Al Humaidi, telah menceritakan kepada kami Sufyan, telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Abu Bakar bin Amru bin Hazm ia mendengar Anas bin Malik menuturkan, Rasulullah ﷺ bersabda,

"Mayyit diiringi tiga hal, yang dua akan kembali sedang yang satu terus menyertainya, ia diiringi oleh keluarganya, hartanya dan amalnya. Harta dan keluarganya akan kembali, sedang amalnya akan terus tetap bersamanya."

(HR. Bukhari No. 6033).

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Rumah Berkah adalah lembaga nirlaba, yakni Yayasan Rumah Berkah Nusantara. Lembaga ini bergerak dalam bidang Sosial, Keagamaan, dan Kemanusiaan.

Bakul Pecel Naik Haji

Doa Agar Dimudahkan Paham Al-Quran

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image