Orang yang Kuat Itu....

Hikmah  

Banyak orang mengeklaim dirinya sebagai orang yang perkasa dan kuat. Bahkan sejumlah orang melabelkan mereka yang kuat itu sebagai orang paling perkasa, digdaya, tanpa tanding, dan lain sebagainya.

Di antara orang yang dilabeli sebagai orang terkuat di antaranya adalah Hercules, Samson, dan lainnya. Tak salah memang, karena mereka mampu mengangkat beban yang tak umum alias melebihi orang kebanyakan. Bila yang lain mampu mengangkat beban hingga 150 kilogram, Hercules mampu mengangkat beban lebih berat lagi.

Pun demikian halnya dengan Samson. Dalam riwayat bahkan sempat difilmkan dengan judul Samson and Delilah, sosok Samson digambarkan sebagai pria tanpa tanding alias sangat kuat. Sebab, tiang atau pilar istana yang menopang ratusan ton beban mampu dirobohkannya dengan sekali tarikan. Luar biasa, amazing, kata orang kulon (Barat).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Namun, orang kuat itu menurut sebuah hadis bukanlah orang yang berbadan kekar dan berotot seperti Hercules atau Samson. Orang yang kuat itu adalah yang mampu mengendalikan hawa nafsu dan amarahnya.

 

Telah menceritakan kepadaku Malik dari Ibnu Syihab dari Sa'id bin Musayyab dari Abu Hurairah berkata, "Rasulullah ﷺ bersabda, "Orang yang kuat bukanlah kuat dalam perkelahian. Namun orang yang kuat adalah orang yang dapat mengendalikan jiwanya ketika marah." (Malik, No. 1409).

Nah, siapa yang sanggup mengendalikan hawa nafsu, mampu mengendalikan marah, maka dialah yang layak disebut sebagai orang yang kuat.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Rumah Berkah adalah lembaga nirlaba, yakni Yayasan Rumah Berkah Nusantara. Lembaga ini bergerak dalam bidang Sosial, Keagamaan, dan Kemanusiaan.

Twibbon Satu Abad NU

Sambut Satu Abad, NU Depok Gelar Apel Akbar

Habib Umar: Rajab Adalah Bulan Allah

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image