Doa Awal Bulan Rajab Takkan Tertolak

Hadits  
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Pada Senin, 23 Januari 2023 ini bertepatan dengan 1 Rajab 1444 H. Bertepatan pula dengan perayaan Imlek, yang jatuh pada hari yang sama.

Bagi umat Islam, bulan Rajab merupakan salah satu bulan istimewa, karena didalamnya terdapat satu peristiwa besar dan bersejarah, yakni peristiwa Isra Miraj Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam (SAW). Pada tanggal 27 Rajab, Nabi Muhammad SAW menerima perintah shalat lima waktu.

Dalam Al-Quran surah At-Taubah ayat 36 disebutkan;

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌۗ ذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةًۗ وَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ

Artinya: Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah ialah 12 bulan, (sebagaimana) ketetapan Allah (di Lauh Mahfuz) pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada 4 bulan haram. (QS At-Taubah: 36).

 

Karena begitu istimewa, maka umat Islam dianjurkan memperbanyak doa di bulan mulia (haram) ini. Sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Ibnu ‘Asakir dari Abu Umamah, dia berkata bahwa Nabi Saw bersabda:

خَمْسُ لَيَالٍ لَا يُرَدُّ فِيْهِنَّ الدُّعَاءُ؛ أَوَّلُ لَيْلَةٍ مِنْ رَجَبٍ، وَلَيْلَةُ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ، وَلَيْلَةُ الْجُمُعَةِ، وَلَيْلَةُ الْفِطْرِ، وَلَيْلَةُ النَّحْرِ

“Ada lima malam doa di dalamnya tidak akan ditolak, yaitu malam pertama bulan Rajab, malam Nisfu Sya’ban, malam Jumat, malam Idul Fitri, dan malam Idul Adha.”

Berdasarkan hadis di atas, maka berdoa pada malam pertama di bulan Rajab, doanya tidak akan tertolak. Karena itu, marilah memperbanyak doa pada awal Rajab, dan hari-hari berikutnya.

Salah satu doa yang diajarkan berbunyi:

Allahumma Bariklana fii Rajaba wa sya’bana wa ballighna Ramadhan.

Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya;ban, dan sampaikanlah (usia) kami hingga bulan Ramadhan.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Rumah Berkah adalah lembaga nirlaba, yakni Yayasan Rumah Berkah Nusantara. Lembaga ini bergerak dalam bidang Sosial, Keagamaan, dan Kemanusiaan.

Twibbon Satu Abad NU

Sambut Satu Abad, NU Depok Gelar Apel Akbar

Habib Umar: Rajab Adalah Bulan Allah

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image