Peristiwa Besar yang Terjadi di Bulan Rajab

Hadits  
Ilustrasi Bulan Rajab. (istimewa)
Ilustrasi Bulan Rajab. (istimewa)

Bulan Rajab merupakan salah satu di antara empat bulan mulia dari 12 bulan yang ditetapkan oleh Allah SWT. Secara perhitungan, bulan Rajab termasuk bulan ketujuh dari kalender Hijriyah atau Qamariyah. Bangsa Arab tempo dulu sangat menghormati dan memuliakan bulan Rajab. Di antaranya mereka melarang terjadinya peperangan atau pertumpahan darah pada bulan-bulan haram, yakni Rajab, Dzulqa’dah, Dzulhijjah, dan Muharam.

اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌۗ ذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةًۗ وَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ

Artinya: “Sesungguhnya jumlah bulan yang ditetapkan oleh Allah adalah dua belas, dalam catatan Allah sejak Dia menciptakan langit dan bumi, yang empat di antaranya adalah bulan suci. Itu adalah jalan yang benar. Maka janganlah saling menganiaya selama bulan-bulan tersebut dan bersama-sama memerangi musyrik sebagaimana mereka memerangimu bersama-sama. Ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang bertakwa (kepada-Nya).” (QS At-Taubah: 36).

Dalam sejarah Islam, banyak peristiwa-peristiwa besar yang terjadi, termasuk pada bulan Rajab. Di antara peristiwa penting yang terjadi di bulan Rajab antara lain:

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Pertama; Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wassalam (SAW) memerintahkan hijrah kepada umatnya. Perintah hijrah itu merupakan yang pertama kalinya, yakni ke negeri Habasyah. Peristiwa itu terjadi pada bulan Rajab tahun ke lima kenabian.

 

Kedua; Sahabat Rasulullah SAW sekaligus menantu beliau, yakni Ali bin Abi Thalib, dilahirkan pada tanggal 13 Rajab. Ali dilahirkan sekitar 23 tahun sebelum hijriah/599 Masehi di Makkah. Sebagaimana diketahui bersama, Ali bin Abi Thalib merupakan salah satu orang yang pertama kali mengimani risalah kenabian Beliau Saw, dari kalangan anak-anak.

Ali adalah menantu Nabi Muhammad SAW setelah menikah dengan Fatimah Az-Zahra. Beliau pernah menjabat sebagai salah seorang khalifah yang keempat pada tahun 656 M. sampai 661 M. Ali bin Abi Thalib wafat pada tanggal 21 Ramadhan 40 H./661 M.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Rumah Berkah adalah lembaga nirlaba, yakni Yayasan Rumah Berkah Nusantara. Lembaga ini bergerak dalam bidang Sosial, Keagamaan, dan Kemanusiaan.

Twibbon Satu Abad NU

Sambut Satu Abad, NU Depok Gelar Apel Akbar

Habib Umar: Rajab Adalah Bulan Allah

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image