Ini Arti dari Imsak, Shiyam, dan Ramadhan

Agama  

Ini Arti Imsak, Shiyam, dan Ramadhan

Dalam surah Al-Baqarah [2]: 183-185 diterangkan tentang kewajiban puasa, dan tujuan puasa. Disamping itu, ayat tersebut juga memberikan penegasan atas diwajibkannya puasa bagi setiap Muslim, baik laki-laki maupun perempuan. Kecuali, orang-orang yang sedang bepergian (musafir) atau dalam perjalanan dan orang yang sakit.

Bagi mereka yang sakit maupun sedang dalam perjalanan (musafir) itu, Allah memberikan rukhshah (keringanan) untuk tidak berpuasa hingga mereka kembali ke kampung halamannya, atau setelah sembuh dari sakitnya. Dan mereka itu diharuskan untuk mengganti (meng-qadha) puasanya pada hari atau bulan yang lain, sesuai dengan jumlah puasa yang ditinggalkan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Tujuan puasa adalah untuk membentuk pribadi Muslim yang bertakwa. Karena itu, puasa bagi orang yang beriman, adalah sebagai upaya pembersihan jiwa, pengekangan hawa nafsu, pengendalian diri, dan perwujudan pengabdian seorang hamba kepada Tuhan-Nya.

Makna Puasa

Puasa dalam bahasa Indonesia, artinya adalah menahan diri dari makan dan minum, serta perbuatan yang dapat membatalkan puasa, sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Makna menahan diri ini dalam bahasa Arab disebut dengan shaum (jamaknya shiyam) atau al-imsak, yang berarti menahan. Maksudnya adalah menahan diri dari segala perbuatan tidak baik yang menyebabkan batalnya puasa. Seperti berdusta, berzina, minum-minuman khamar (mabuk), menggunjing, memfitnah, mencuri, korupsi, membunuh, dan lain sebagainya. Jadi, puasa adalah menahan atau mengendalikan diri dari berbagai perbuatan tercela.

Rasulullah SAW bersabda; “Wahai para pemuda, jika kalian telah mampu (ba’ah) untuk menikah, maka menikahlah. Karena pernikahan itu akan menundukkan pandangan dan menjaga kehormatan. Namun, barangsiapa belum mampu (untuk menikah), maka hendaklah berpuasa karena puasa itu merupakan pemutus syahwat (wija’) baginya. (HR Bukhari 4/106 dan Muslim No 1400 dari Ibnu Mas’ud RA).

Dalam surah al-Baqarah [2] ayat 183 ditegaskan, bahwa tujuan puasa adalah untuk membentuk pribadi Muslim yang bertakwa (muttaqin). Karena itu, esensi puasa adalah mendidik jiwa agar mampu mengendalikan hawa nafsu dan mengekang jiwa, sehingga menjadi pribadi yang sabar, tawadhu, dan tawakkal kepada Allah.

Sedangkan makna Ramadhan adalah membakar. Kata Ramadhan berasal dari bahasa Arab dengan akar kata ra-ma-dha yang berarti panas yang menyengat, atau kekeringan. Karena itu, maksud puasa Ramadhan adalah mengendalikan segala keinginan yang buruk dengan memperbanyak amal ibadah kepada Allah. Mereka yang mampu mengendalikan diri serta berhasil memerangi hawa nafsunya, niscaya dia akan menjadi pribadi muttaqin (orang yang bertakwa).

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Official Media Yayasan Rumah Berkah Nusantara, part of Republika Network. email: [email protected], Silakan kirimkan inf

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image