Carilah Aku di Tengah-Tengah Orang yang Hancur Hatinya

Hikmah  

Karena itu, puasa bertujuan menumbuhkan kepedulian sosial terhadap sesama. Yakni memahami kondisi orang-orang yang kelaparan setiap hari, bahkan sepanjang hidupnya. Melalui puasa, Allah mengajarkan kepada umat Islam untuk belajar merasakan lapar dan dahaga seperti orang-orang miskin, yang setiap harinya selalu kekurangan.

Dengan rasa haus dan lapar, diharapkan akan timbul rasa kasih sayang antara yang kuat dengan yang lemah. Sehingga mampu menghapus kesenjangan sosial antara si kaya dengan si miskin. Islam secara tegas menyatakan, bahwa faktor utama kesenjangan sosial itu disebabkan oleh adanya jurang pemisah (gap) yang sangat tajam antara si kaya dan si miskin.

Karena itu, jika kita semua memiliki kepedulian sosial, niscaya negeri ini akan senantiasa diberkahi oleh Allah SWT. “Andai saja mereka (penduduk suatu negeri) beriman dan bertakwa kepada Allah, maka niscaya Allah akan bukakan pintu keberkahan langit dan bumi (untuk kalian), tetapi kalian mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka kami siksa mereka disebabkan perbuatannya”. (QS al-A’raf [7]: 96).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Wallahu a’lam.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Official Media Yayasan Rumah Berkah Nusantara, part of Republika Network. email: [email protected], Silakan kirimkan inf

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image