Manusia yang Dirindukan Surga

Hikmah  
Ilustrasi 
Ilustrasi


Manusia yang Dirindukan Oleh Surga

Oleh Syahruddin El Fikri

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Setiap manusia bercita-cita untuk masuk ke dalam surga. Dan mereka yang masuk surga itu tentu saja orang-orang yang beriman dan beramal saleh.

Nah, dalam sebuah hadis yang dinisbatkan kepada Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam disebutkan bahwa surga itu merindukan empat orang.

Siapa sajakah mereka itu? Berikut mereka orang yang dirindukan oleh surga tersebut.

الْجَنَّةُ مُشْتَاقَةٌ اِلَى أَرْبَعَةِ نَفَرٍ : تَا لِى الْقُرْانِ, وَحَافِظِ اللِّسَانِ, وَمُطْعِمِ الْجِيْعَانِ, وَصَا ئِمٍ فِى شَهْرِ رَمَضَانَ .رواه أبوداود والترمذي عن ابن عباس

Aljannatu Musytaqotun Ila Arba’ati Nafarin, Taalil Qur’an, Wa Haafidzil Lisan, Wa Muth’imul Jii’aan Wa Shoo'imiina Fi Syahri Romadhon.

Artinya: Surga itu merindukan empat golongan manusia, yaitu orang yang gemar membaca Alqur’an, orang yang senantiasa menjaga lisan dari ucapan-ucapan buruk (yang mencaci atau menyebar kebencian), orang yang memberi makan orang lain yang sedang lapar, serta orang yang menjalankan puasa ramadhan.

Pada bulan Ramadhan ini, keempat golongan manusia itu terkumpul saat ini.

Pertama, Taalil Qur’an pembaca Al-Quran.

Selain dapat menenteramkan hati, membaca Al-Quran juga bisa mengantarkan pembacanya ke derajat tertinggi di surga.

Nabi SAW bersabda, “Bacalah (Al-Quran), naiklah (pada derajat-derajat surga) dan bacalah dengan tartil sebagaimana engkau membacanya dengan tartil di dunia. Sesungguhnya kedudukan derajatmu pada kadar akhir ayat yang engkau baca.” (HR. Ahmad).

Membaca Alqur’an wajib dipelajari dan mengamalkan inti dari alqur’an itu sendiri, di bulan Romadhon jangan pernah meninggalkan bacaan Al-Qur’an, jadikanlah Alqur’an sebagai sahabat, bacaan yang selalu melekat pada diri kita, terlebih pada 10 hari terahir bulan Romadhon ada yang namanya malam Lailatul Qodar. Selain itu, Al-qur’an juga akan memberikan Syafaat pada pembacanya.

Kedua, hafidzil Lisan, orang yang selalu menjaga lisannya dari berkata kotor, mengumpat, menyakiti orang lain melalui lisannya.

Disebutkan dalam sebuah hadis, “Wahai Rasulullah, ada seorang wanita yang hanya melaksanakan shalat wajib saja dan hanya bersedekah dengan sepotong keju namun dia tidak pernah menyakiti tetangganya.” Nabi SAW menjawab, “Dia termasuk penghuni surga.” (HR. Bukhari).

Nabi bersabda: “selamatnya seorang itu dari bagaimana ia bisa menjaga lisan

nnya."

Betapa kita harus berhati-hati dalam menjaga lisan kita, bisa di manifestasikan dengan selalu mengucap salam, berjabat tangan (dalam kondisi aman) dan saling memaafkan.

Ketiga, Muth’imul Jii’aan orang yang memberi makan terhadap orang lapar.

Nabi SAW bersabda, “Siapapun mukmin memberi makan mukmin yang kelaparan. Pada hari kiamat nanti Allah akan memberinya makanan dan buah-buahan surga.” (HR. Tirmidzi).

Keempat, Shooimiina Fi Syahri Romadhon, yakni orang yang berpuasa di bulan Ramadhan.

Nabi SAW bersabda, “Surga memiliki delapan buah pintu. Di antara pintu tersebut ada yang dinamakan pintu Al-Rayyan yang hanya dimasuki oleh orang-orang yang berpuasa.” (HR. Bukhari).

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Official Media Yayasan Rumah Berkah Nusantara, part of Republika Network. email: [email protected], Silakan kirimkan inf

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image