Mungkinkah Lailatul Qodar Terjadi di Luar Bulan Ramadhan?

Al Quran  

Menurut Syekh Ali Al-Thanthowi, seseorang bisa saja mendapatkan Lailatul Qadar disaat orang tersebut sedang berada di kamar, di sebuah pub, karaoke, di jalan yang sepi, di jalan raya yang penuh pesona, atau —bisa jadi— di siang bolong (1993, 22-23).

Syekh Ali Al-Thanthowi menyontohkan peristiwa yang dialami Khalifah Umar bin Khattab RA, sesaat sebelum masuk Islam. Banyak orang yang membaca dan mendengarkan surah Thaha [20], dan tak terhitung jumlahnya. Namun mereka tak mengalami hal apapun.

Akan tetapi, ketika Umar bin Khattab mendapat kesempatan yang “sekejap” itu —yakni saat ia mendengar adiknya membaca surah Thaha tersebut— hati Umar bergetar. Umar meyakini bahwa ayat-ayat yang dibacakan adiknya itu bukanlah ayat yang dibuat oleh Nabi Muhammad SAW melainkan oleh Tuhan Yang Maha Agung.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Berawal dari kejadian yang sesaat itu, akhirnya mampu merubah pribadi dan kehidupan Umar bin Khattab. Umar yang dahulunya kasar, —pernah melakukan dosa besar karena membunuh dan mengubur anak kandungnya sendiri, dan yang datang untuk membunuh Rasulullah SAW,— kemudian berubah menjadi Umar yang genius, yang mampu memimpin sebelas negara seorang diri, menjadi hakim, pemimpin negara, dan Menteri Dalam negeri sekaligus Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Sayyidina Umar telah sukses memimpin negara Islam di Madinah.

Meski demikian besar pengaruhnya di dunia Islam, Umar rela membawa sekarung tepung di punggungnya, memasaknya untuk seorang fakir yang sedang kelaparan, dan memberi makan anak-anak si fakir tersebut.

Artikel Terkait:

Inilah Keutamaan Al-Quran dan Orang yang Membacanya

Israel tak Bisa Masuk Palestina

Malaikat Berlomba Mencatat Amal Orang Ini

Jangan Asal Berhenti Saat Membaca Al-Quran, Perhatikan Tandanya

Setiap harinya, Umar hanya makan roti dan minyak zaitun sebagai pemanisnya. Dan ketika ia tak mampu melayani kebutuhan rakyatnya, Umar-pun selalu menangis. Ia adalah sosok pemimpin yang tegas, dan menjadi salah satu dambaan setiap umat Islam.

Selain kisah diatas, Syekh Ali Thonthowi juga memberikan contoh lainnya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Official Media Yayasan Rumah Berkah Nusantara, part of Republika Network. email: [email protected], Silakan kirimkan inf

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image