Apakah Lailatul Qadar 2023 Jatuh Pada Sabtu Malam Minggu?

Agama  

Apakah Lailatul Qadar 2023 Jatuh Pada Sabtu Malam Minggu?
Lailatul Qadar senantiasa dinanti kehadirannya oleh seluruh umat Islam di dunia. Dan mereka berharap mendapatkan malam kemuliaan atau Lailatul Qadar tersebut.
Dalam kitab Perukunan Melayu, halaman 43, dijelaskan mengenai Lailatul Qadar tersebut, yakni sebagai berikut: Kata Imam Al Ghazali dan lainnya, bahwasanya telah diketahui Lailatul Qadar atau Malam Kemuliaan itu dengan awal Ramadhan.
Jika awalnya (puasa) itu hari Ahad atau Rabu, maka Lailatul Qadar itu jatuh pada malam ke-29,dan jika awal puasa itu hari Senin, maka Lailatul Qadar jatuh pada malam ke-21,dan jika awalnya puasa itu hari Selasa atau Jumat, maka Lailatul Qadar itu pada malam ke-27,dan jika awal puasa itu pada hari Kamis, maka Lailatul Qadar itu pada malam ke-25,dan jika awalnya puasa itu pada hari Sabtu, maka Lailatul Qadar itu jatuh pada malam ke-23.
Masih dalam kitab tersebut dijelaskan, bahwa Syaikh Abul Hasan berkata: *"sejak awal mula aku baligh (dewasa) hingga sekarang (saat beliau masih hidup), aku tidak pernah lupa akan Lailatul Qadar itu, dan biasanya aku mengamalkannya dengan qasidah untuk memuji Allah dan Rasul-Nya."
Penjelasan ini juga pernah disampaikan Abah Guru Sekumpul atau Syaikh Muhammad Zaini bin Abdul Ghoni yang dikenal dengan sebutan Guru Ijai, ulama terkemuka asal Martapura, Kalimantan Selatan. Bisa dicek di YouTube atau TikTok mengenai penjelasan beliau.
Nah, pada Ramadhan 1444 H atau 2023 ini, awal Ramadhan jatuh pada tanggal 23 Maret atau bertepatan dengan Hari Kamis.
Bila merujuk pada penjelasan kitab di atas, maka Lailatul Qadar tahun 2023 jatuh pada malam ke-25 atau Hari Sabtu malam Minggu, atau tanggal 15 April 2023.
Allahu A'lam Bish-shawab.

(Syahruddin El Fikri)

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Official Media Yayasan Rumah Berkah Nusantara, part of Republika Network. email: [email protected], Silakan kirimkan inf

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image