Bersihkan Diri Sebelum Menghadap yang ‘Terkasih’

Hadits  
Hadis tentang Pentingnya Menjaga dan Melakukan Kebersihan. (Dok. Rumah Berkah)
Hadis tentang Pentingnya Menjaga dan Melakukan Kebersihan. (Dok. Rumah Berkah)

Setiap manusia menyukai kebersihan dan keindahan. Dan itu adalah hal yang lumrah. Karena memang begitulah kodratnya. Tak ada manusia yang tidak menyukai kebersihan dan keindahan. Kecuali bagi mereka yang ‘kurang waras’ akal dan pikirannya. Maaf.

Dalam Al-Quran maupun hadis Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam (SAW) diterangkan berbagai hal mengenai pentingnya menjaga kebersihan maupun keindahan.

Dalam Al-Quran surah Al-Maidah [5] ayat 6, Allah SWT memerintahkan umat Islam untuk membersihkan diri apabila mereka mau mendirikan shalat, yakni dengan berwudhu. Atau mandi besar (janabat) bila mereka terkena hadats besar (junub), dan bertayamum bila mereka sakit atau tidak menemukan air untuk berwudhu. Dalam ayat tersebut, sangat jelas bahwa sebelum menghadap untuk beribadah kepada Allah yang Maha Agung, Maha Mulia, Maha Penyayang, maka seorang muslim hendaknya bebersih diri terlebih dahulu.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Begitu pula dalam berbagai hadits, Rasulullah SAW memerintahkan umatnya untuk senantiasa bersuci dan membersihkan diri. Di dalam hadis yang diriwayatkan dari Imam Muslim, Rasul SAW bersabda:

الطُّهُوْرُ شَطْرُ اْلإِيْمَانِ

Ath-Thahuuru Syathrul Iimaan.

“ Kebersihan itu sebagian (setengah) dari iman.” (HR. Muslim).

Dalam hadis lain Rasulullah SAW bersabda,

عَنْ أَبِي مَالِكٍ الْأَشْعَرِيِّ رَضِي اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الطُّهُورُ شَطْرُ الإِيمَانِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ تَمْلأُ الْمِيزَانَ وَسُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ تَمْلآَنِ أَوْ تَمْلأُ مَا بَيْنَ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ وَالصَّلاةُ نُورٌ وَالصَّدَقَةُ بُرْهَانٌ وَالصَّبْرُ ضِيَاءٌ وَالْقُرْآنُ حُجَّةٌ لَكَ أَوْ عَلَيْكَ كُلُّ النَّاسِ يَغْدُو فَبَايِعٌ نَفْسَهُ فَمُعْتِقُهَا أَوْ مُوبِقُهَا رواه مسليم

Artinya: Dari Abu Malik al-as’ari berkata, Rasulullah saw. Bersabda, “Bersuci itu sebagian dari iman, membaca alhamdulillah adalah memenuhi timbangan amal, membaca subhanallah wal hamdulillah adalah memenuhi seisi langit dan bumi, salat sunah adalah cahaya, sedekah adalah petunjuk, sabar adalah sinar yang memancar, dan Al-Qur’an adalah hujjah (argumen) dalam pembicaraanmu. Setiap manusia pada waktu pagi hari, hakekatnya harus memperjual belikan dirinya. Ada kalanya ia laba (selamat dari maksiat) dan ada kalanya rugi (terseret maksiat) (Hadist Riwayat Muslim: 328).

Imam At-Tirmidzi meriwayakan bahwa; Allah SWT sangat mencintai hamba-hamba-Nya yang membersihkan diri.

إِنَّ اللَّهَ تَعَالى طَيِّبٌ يُحِبُّ الطَّيِّبَ نَظِيفٌ يُحِبُّ النَّظَافَةَ كَرِيمٌ يُحِبُّ الْكَرَمَ جَوَادٌ يُحِبُّ الْجُودَ فَنَظِّفُوا أَفْنِيَتَكُمْ

“Sesungguhnya Allah swt. Itu baik, Dia menyukai kebaikan. Allah itu bersih, Dia menyukai kebersihan. Allah itu mulia, Dia menyukai kemuliaan. Allah itu dermawan ia menyukai kedermawanan maka bersihkanlah olehmu tempat-tempatmu.” (HR. Tirmidzi)

Sebagai ilustrasi, bila kita hendak berjumpa dengan seseorang yang penting seperti pejabat pemerintah, presiden, menteri, anggota DPR, Kepala Desa, atau pun ketua RT, kita buru-buru untuk membersihkan diri. Begitu pula ketika menghadap atau akan berjumpa dengan orang yang terkasih, maka kita seringkali menggunakan pakaian terbaik dan terindah ditambah dengan pewangi agar lebih harum. Karena itu, sudah sepantasnya bila hendak menghadap kepada Allah SWT hendaknya melakukan hal serupa bahkan lebih indah lagi. Wallahu A’lamu Bish-Shawab.

(Syahruddin El Fikri, Jurnalis Republika, Khadimul Rumah Berkah).

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Official Media Yayasan Rumah Berkah Nusantara, part of Republika Network. email: [email protected], Silakan kirimkan inf

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image