Tujuh Buah-Buahan Surga yang Ada di Dunia

Agama  
Buah delima (istimewa)
Buah delima (istimewa)

Banyak sekali jenis buah-buahan yang disebutkan dalam Al-Quran. Tentu saja, penyebutan itu hanya sebatas perumpamaan belaka. Karena sesungguhnya, Surga sendiri tak bisa disamakan, tidak terbetik dalam pikiran, tak terbayang oleh akal, dan tak tersentuh oleh tangan.

Di antara jenis buah-buahan yang disebutkan dalam Al-Quran itu, memiliki khasiat dan keistimewaan. Antara lain:

Buah Pisang

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Buah pisang (istimewa)
Buah pisang (istimewa)

Penyebutan buah pisang dalam Al-Quran terdapat pada surah al-Waqiah [56] ayat 29:

وَّطَلْحٍ مَّنْضُوْدٍۙ

“Dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya).”

Buah pisang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Di antaranya untuk kesehatan tulang, karena buah pisang sangat kaya akan kalium. Kandungan buah pisang lainnya adalah air, gula, vitamin, protein, lemak hingga mineral.

Di dunia ini, beragam jenis pisang. Ada pisang ambon, pisang raja, pisang mas, pisang kepok, pisang tanduk, dan lainnya. Semuanya memiliki khasiat yang sangat banyak.

Buah Tin

Buah tin (Istimewa)
Buah tin (Istimewa)

Buah tin di antaranya disebutkan dalam Al-Quran pada surah At-Tin.

وَالتِّيْنِ وَالزَّيْتُوْنِۙ

“Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun,” (QS At-Tin [95]: 1)

Diantara manfaat dari buah tin untuk kesehatan adalah untuk pencernaan, mengatasi sembelit, mengurangi risiko penyakit jantung, bisa mengendalikan berat badan, pencegahan kanker, serta mampu memperbaiki kulit.

Buah Zaitun

Buah zaitun (istimewa)
Buah zaitun (istimewa)

Seperti halnya buah tin, buah zaitun juga disebutkan pada surah At-Tin ayat 1.

Buah tin disebutkan dalam Al-Quran pada surah At-Tin.

وَالتِّيْنِ وَالزَّيْتُوْنِۙ

“Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun,” (QS At-Tin [95]: 1)

Buah zaitun juga memiliki keistimewan yang sangat besar. Di antaranya Melawan infeksi. Buah zaitun sangat kaya kandungan antioksidan, seperti oleuropein, hydroxytyrosol, tyrosol, asam oleanolik, dan quercetin. Selain itu, buah zaitun juga bermanfaat untuk kesehatan jantung, memperbaiki kesehatan tulang, mencegah kanker, dan mampu memperbaiki serta menjaga kesehatan kulit.

Buah Delima

Buah delima (istimewa)
Buah delima (istimewa)

Buah delima adalah salah satu jenis buah-buahan yang juga disebutkan dalam Al-Quran. Buah delima disebutkan dalam surah Al-An;am ayat 99 dan Ar-Rahman [55] ayat 68.

وَهُوَ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ مِنَ السَّمَاۤءِ مَاۤءًۚ فَاَخْرَجْنَا بِهٖ نَبَاتَ كُلِّ شَيْءٍ فَاَخْرَجْنَا مِنْهُ خَضِرًا نُّخْرِجُ مِنْهُ حَبًّا مُّتَرَاكِبًاۚ وَمِنَ النَّخْلِ مِنْ طَلْعِهَا قِنْوَانٌ دَانِيَةٌ وَّجَنّٰتٍ مِّنْ اَعْنَابٍ وَّالزَّيْتُوْنَ وَالرُّمَّانَ مُشْتَبِهًا وَّغَيْرَ مُتَشَابِهٍۗ اُنْظُرُوْٓا اِلٰى ثَمَرِهٖٓ اِذَٓا اَثْمَرَ وَيَنْعِهٖ ۗاِنَّ فِيْ ذٰلِكُمْ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يُّؤْمِنُوْنَ

“Dan Dialah yang menurunkan air dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan, maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau, Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang kurma, mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya pada waktu berbuah, dan menjadi masak. Sungguh, pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.”

Khasiat dari buah delima adalah meringankan arthritis dan nyeri sendi, dapat menurunkan hipertensi (darah tinggi), meningkatkan kekebalan tubuh (imunitas), menurunkan berat badan, mencegah kanker, menjaga kesehatan gigi dan mulut, mencegah bayi lahir cacat, dan meningkatkan kesehatan otot.

Bagi orang yang gemuk atau obesitas sangat dianjurkan mengonsumsi buah delima, karena mampu menurunkan berat badan.

Buah Anggur

Buah anggur (istimewa)
Buah anggur (istimewa)

Buah anggur sudah ada sejak zamannya Nabi Nuh. Selain rasanya yang lezat, buah anggur juga memiliki banyak keistimewaan. Di dalam Al-Quran, buah anggur disebutkan sebanyak 11 kali. Salah satunya ada di surat An-Nahl ayat 11 dan Al-Baqarah ayat 266.

اَيَوَدُّ اَحَدُكُمْ اَنْ تَكُوْنَ لَهٗ جَنَّةٌ مِّنْ نَّخِيْلٍ وَّاَعْنَابٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُۙ لَهٗ فِيْهَا مِنْ كُلِّ الثَّمَرٰتِۙ وَاَصَابَهُ الْكِبَرُ وَلَهٗ ذُرِّيَّةٌ ضُعَفَاۤءُۚ فَاَصَابَهَآ اِعْصَارٌ فِيْهِ نَارٌ فَاحْتَرَقَتْ ۗ كَذٰلِكَ يُبَيِّنُ اللّٰهُ لَكُمُ الْاٰيٰتِ لَعَلَّكُمْ تَتَفَكَّرُوْنَ ࣖ

“Adakah salah seorang di antara kamu yang ingin memiliki kebun kurma dan anggur yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, di sana dia memiliki segala macam buah-buahan, kemudian datanglah masa tuanya sedang dia memiliki keturunan yang masih kecil-kecil. Lalu kebun itu ditiup angin keras yang mengandung api, sehingga terbakar. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu agar kamu memikirkannya.” (QS. Al-Baqarah [2]: 266).

Buah Kurma

Buah Kurma (istimewa)
Buah Kurma (istimewa)

Saat Siti Maryam melahirkan Nabi Isa di daerah yang tandus, Allah menyuruh Siti Maryam untuk memakan buah kurma. Buah kurma yang dimakannya bertujuan untuk mengembalikan tenaganya yang telah terkuras selama melahirkan Nabi Isa.

Buah kurma sangat terkenal di dunia. Buah kurma beberapa kali disebutkan dalam Al-Qur'an. Di antaranya pada surah Al-Baqarah [2]; 266, An-Nahl: 11.

يُنْۢبِتُ لَكُمْ بِهِ الزَّرْعَ وَالزَّيْتُوْنَ وَالنَّخِيْلَ وَالْاَعْنَابَ وَمِنْ كُلِّ الثَّمَرٰتِۗ اِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيَةً لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ

“Dengan (air hujan) itu Dia menumbuhkan untuk kamu tanam-tanaman, zaitun, kurma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berpikir.” (QS. An-Nahl [16]: 11).

Kurma dikenal memiliki kekayaan akan manfaat dan bahkan tidak memiliki efek samping sama sekali, dan sangat baik untuk kesehatan. Kurma biasanya sangat familiar di Indonesia, umumnya ketika bulan Ramadhan. Namun demikian, pada bulan-bulan lainnya pun buah kurma masih tersedia.

Buah Labu

Buah Labu Kuning (istimewa)
Buah Labu Kuning (istimewa)

Buah labu adalah salah satu jenis buah-buahan yang disebutkan dalam Al-Quran, khususnya pada surah As-Shaffat ayat 146. Mungkin tak banyak yang mengetahui bahwa jenis buah-buahan ini ada dalam Al-Quran. Buah labu tak sebanyak buah kurma atau anggur yang disebut dalam Al-Quran.

وَاَنْۢبَتْنَا عَلَيْهِ شَجَرَةً مِّنْ يَّقْطِيْنٍۚ

"Dan Kami tumbuhkan untuk dia sebatang pohon dari jenis labu," (QS. As-Shaffat: 146). Salah satu manfaat labu adalah mampu menurunkan tekanan darah di dalam tubuh. Labu mengandung potasium yang dapat memperlebar pembuluh vena dan arteri sehingga tekanan darah pun terjaga.

Demikianlah tujuh jenis buah-buahan yang disebutkan dalam Al-Quran. Semoga bermanfaat.

(Syahruddin El-Fikri, Jurnalis Republika, Khadimul Rumah Berkah).

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Rumah Berkah adalah lembaga nirlaba, yakni Yayasan Rumah Berkah Nusantara. Lembaga ini bergerak dalam bidang Sosial, Keagamaan, dan Kemanusiaan.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image