Imam Syafi'i Merasa Bertambah Bodoh Bila Mendapat Ilmu

Al Quran  
Ilustrasi: Seorang anak sedang belajar membaca Al-Quran. (istimewa)
Ilustrasi: Seorang anak sedang belajar membaca Al-Quran. (istimewa)

Ada banyak ayat maupun hadis Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam (SAW) yang menerangkan tentang keutamaan menuntut ilmu.

Al Quran sangat mendorong manusia untuk terus menggali segala hal yang ada di dunia. Kehidupan manusia yang terus berkembang hingga menjadi lebih pesat memang tidak lepas dari peran ilmu pengetahuan dan teknologi. Manusia diberikan sejumlah potensi untuk menjalani kehidupannya dengan mudah dengan ilmu pengetahuan. Salah satu anugerah terbesar yang diberikan oleh-Nya adalah akal. Dengan akal, manusia dapat berpikir dan mengembangkan ilmu pengetahuan

Dalam Al-Quran, salah satu ayat yang menerangkan tentang keutamaan ilmu pengetahuan adalah:

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

 يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ

“Allah akan mengangkat kedudukan orang-orang yang beriman dan diberi ilmu di antara kalian beberapa derajat.” (QS Al Mujadilah ayat 11).

Orang yang berilmu lebih tinggi kedudukannya daripada orang yang tidak berilmu. Karena itu, umat Islam tak boleh berhenti atau sudah merasa puas dengan ilmu yang didapatkan, atau merasa sudah cukup dengan gelar S-1, S-2, S-3. Dia tetap harus terus belajar, belajar, dan belajar menuntut ilmu pengetahuan.

Dalam surah Al-Kahfi, Allah SWT berfirman:

قُلْ لَّوْ كَانَ الْبَحْرُ مِدَادًا لِّكَلِمٰتِ رَبِّيْ لَنَفِدَ الْبَحْرُ قَبْلَ اَنْ تَنْفَدَ كَلِمٰتُ رَبِّيْ وَلَوْ جِئْنَا بِمِثْلِهٖ مَدَدًا

“Katakanlah (Muhammad), “Seandainya lautan menjadi tinta untuk (menulis) kalimat-kalimat Tuhanku, maka pasti habislah lautan itu sebelum selesai (penulisan) kalimat-kalimat Tuhanku, meskipun Kami datangkan tambahan sebanyak itu (pula).” (QS. Al Kahfi [18]: 109).

Ayat diatas menggambarkan betapa luasnya ilmu yang dimiliki Allah SWT. Karena itu, manusia tak boleh merasa puas dengan apa yang sudah dperolehnya.

Imam Syafi’i dalam suatu riwayat berkata: “Saya makin terlihat bodoh, saat saya mendapatkan ilmu.”

Berita Terkait: Beruntungnya Orang yang Rajin Menuntut Ilmu (republika.co.id)

Doa Agar Mudah Menerima Ilmu Pengetahuan

Santri Pondok Al-Quran Rumah Berkah (dok. Rumah Berkah)
Santri Pondok Al-Quran Rumah Berkah (dok. Rumah Berkah)

Maksud dari ungkapan Imam Syafi’i tersebut adalah bahwa ilmu yang baru didapatkannya itu kenapa baru didapatkannya, tidak dari dahulunya. Kok, baru sekarang dia mendapatkan ilmu tersebut. Allahu a’lam. (Syahruddin E).

Video Terkait:

- Berharap Amal Terbaik Saat Sakaratul Maut | @Rumah Berkah | Ust. Syahruddin E - YouTube

- Agar Hati Jadi Tenang

- Berharap Amal Terbaik

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Official Media Yayasan Rumah Berkah Nusantara, part of Republika Network. email: [email protected], Silakan kirimkan inf

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image