Perlu Dukungan Pemkab Kukar Mengoptimalkan Lokasi Makam Syekh Abdullah Selimau (Part 2)

Agama  
Jalan masuk banyak ditumbuhi rumput dan tanaman putri malu.
Jalan masuk banyak ditumbuhi rumput dan tanaman putri malu.



Makam Syekh Abdullah Selimau, terletak di Selimau, sekitar 6-8 KM dari Desa Jantur, Kecamatan Muara Muntai, Kabupaten Kutai Kartanegara. Atau berjarak sekitar 120 KM dari Tenggarong. Lokasinya berbatasan langsung dengan Desa Pulau Lanting, Tanjung Jone, Ohong di Kabupaten Kutai Barat.


Menurut cerita, makam Syekh Abdullah Selimau ini sudah ada sejak 1920-1930an. Tak ada kepastiannya, karena pada batu nisan hanya tertulis tanggal 7 Syawal, tanpa tahun.


Untuk ke lokasi Makam Syekh Abdullah Selimau ini, diperlukan waktu sekitar 15 menit untuk kondisi air pasang. Tetapi bila air kering, bahkan hingga Danau Jempang kering, maka diperlukan waktu sekitar 1 jam untuk berjalan kaki, atau 15 menit naik sepeda motor.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca


Lokasinya yang berada di pinggiran kali, maka diperlukan keterampilan khusus bila menggunakan perahu ketinting, dikarenakan saat kami mengunjungi makam tersebut pada Selasa, 3 Mei 2022, sungai atau kali kecil menuju lokasi makam ditumbuhi rumput serta tumbuhan putri malu. Akibatnya hanya satu perahu yang bisa melintasi. Jika ada perahu lalu untuk berpapasan, maka salah satu terpaksa harus mengalah.

Perahu yang digunakan untuk membawa peziarah.
Perahu yang digunakan untuk membawa peziarah.


Sungai atau kali ke makam yang lebarnya sekitar 20 meter dan panjang sekira 500 meter, hampir semuanya dipenuhi tumbuhan liar. Karena itulah diperlukan peran serta pemerintah daerah untuk mengoptimalkannya agar jalur ini lebih mudah dilewati.


Begitu pula dengan jalan masuk yang sempit, lebar hanya sekitar 3 meter, diperlukan upaya pelebaran agar mudah dilewati. Jika tidak dimaksimalkan, potensi wisata sekaligus untuk berziarah akan terhambat.


Banyak saran dari warga maupun pengunjung makam untuk hal ini. "Paling tidak, sungai atau kali harus dikeruk agar tidak terjadi pendangkalan," ujar Iskandar, warga Desa Jantur saat dijumpai di lokasi makam.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Rumah Berkah adalah lembaga nirlaba, yakni Yayasan Rumah Berkah Nusantara. Lembaga ini bergerak dalam bidang Sosial, Keagamaan, dan Kemanusiaan.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image