Perlu Dukungan Pemkab Kukar Mengoptimalkan Lokasi Makam Syekh Abdullah Selimau (Part 2)

Agama  


Iskandar menambahkan, upaya pengerukan itu tidak mungkin dilakukan warga tanpa peran serta pemerintah daerah, dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara. "Akan lebih baik bila ada koordinasi antara Pemkab Kukar dengan Pemkab Kutai Barat," tambahnya.

Area makam Syekh Abdullah Selimau.
Area makam Syekh Abdullah Selimau.


Untuk kondisi makam saat kami mengunjungi lokasi, sudah cukup baik, karena ada swadaya dari masyarakat untuk membuat jembatan, pelabuhan, tempat berziarah, tempat wudhu, toilet, serta lainnya. Setidaknya lahan yang sudah dioptimalkan bisa menampung 500-1000 peziarah.


Aman lebih bagus lagi, bila ada kantin atau tempat makan sekadar beristirahat di area makam. Sebab, beberapa pengunjung yang datang, selain membawa makan sendiri, mereka makan di area dekat makam, sehingga dapat mengurangi kekhusyukan peziarah.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Penulis bersama istri.
Penulis bersama istri.


"Jika pemda mau turun tangan, lokasi ini sangat bagus untuk destinasi wisata sehingga dapat menambah pendapatan daerah atau desa," ujar Nurbudi, salah satu pengunjung lainnya.

(Syahruddin El Fikri, Jurnalis Republika, Khadimul Rumah Berkah).

 
Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Rumah Berkah adalah lembaga nirlaba, yakni Yayasan Rumah Berkah Nusantara. Lembaga ini bergerak dalam bidang Sosial, Keagamaan, dan Kemanusiaan.

Twibbon Satu Abad NU

Sambut Satu Abad, NU Depok Gelar Apel Akbar

Habib Umar: Rajab Adalah Bulan Allah

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image