Satu Butir Nasi untuk 2750 Orang

Hikmah  

Berapa butir dalam satu kali makan untuk satu porsi? Ada satu penelitian yang simpel, tetapi bisa dijadikan rujukan. Dalam penelitian sederhana itu, untuk satu porsi nasi goreng, jumlahnya sebanyak 9.794 butir nasi. Anggaplah secara umum sebanyak 10 ribu butir untuk sekali makan, makan jumlah penduduk Indonesia saja yang menyisakan nasi setiap kali makan sebanyak 2750 porsi. Ini jumlah untuk satu kali makan. Jika dikalikan tiga kali dalam sehari, maka berarti ada 8750 porsi. Dalam sebulan (30 hari x 8750 porsi) setara dengan 262.500 porsi (orang). Dalam setahun setara dengan 3.150.000 orang (porsi).

Alangkah banyaknya nasi yang terbuang dalam setahun. Ini baru satu butir untuk satu porsi. Bagaimana kalau dua butir, atau 10 butir, atau bahkan masih menyisakan banyak nasi?

Itulah mengapa ayah saya sering memarahi saya jika makan masih menyisakan nasi, walau hanya sebutir. Ternyata, sebutir nasi yang tersisa itu begitu besar manfaatnya bagi orang lain. Sebutir nasi yang mungkin banyak kita sia-siakan, ia begitu banyak membawa manfaat bagi mereka yang kekurangan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Terima kasih ayah, terima kasih ibu. kami rindu denganmu. Allahummaghfirlahum warhamhum wa afihim wa'fu anhum.

(Syahruddin El Fikri)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Official Media Yayasan Rumah Berkah Nusantara, part of Republika Network. email: [email protected], Silakan kirimkan inf

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image