Tujuh Pintu Neraka dan Para Penghuninya

Agama  
Ilustrasi neraka. 
Ilustrasi neraka.

Neraka, sebagaimana banyak diterangkan dalam Al-Qur'an, hadis Nabi, dan juga berbagai referensi, neraka itu memiliki tujuh pintu. Nama ketujuh pintu itu adalah:
1. Neraka Jahannam2. Neraka Hawiyah3. Neraka Huthamah4. Neraka Jahim5. Neraka Saqar6. Neraka Sa’ir7. Neraka Wa’il
Masing-masing pintu neraka itu, nantinya akan dimasuki oleh mereka yang berbuat keburukan dan meninggalkan amal saleh selama hidup di dunia.Berikut ini nama-nama pintu neraka dan para penghuninya.
1. Neraka Jahannam Tempat untuk orang-orang kafir (QS al-Ankabut: 68). Untuk orang-orang yang durhaka (QS Maryam: 86). Untuk orang-orang munafik Bagi mereka yang suka berbuat kerusakan di muka bumi (QS al-Baqarah [2]: 204-206).
2. Neraka Hawiyah Tempat untuk orang-orang yang ringan timbangan amal kebaikannya (QS al-Qari’ah: 8).
3. Neraka Huthamah Tempat untuk orang-orang yang suka mengumpat Untuk orang-orang suka mencela Dan orang yang suka menumpuk-numpuk harta (QS al-Humazah [104]: 1-4).
4. Neraka Jahim Orang sesat (QS as-Syu’ara [26]: 91). Orang-orang yang zalim (QS ash-Shaffat [37]: 63). Orang yang bermegah-megahan (QS at-Takatsur 1-8). Makanannya buah pohon zaqqum, minumannya bercampur dengan air yang sangat panas.
5. Neraka Saqar Orang yang suka meninggalkan shalat (QS al-Muddatstsir: 42-43).
6. Neraka Sa’ir Orang yang suka memakan harta anak yatim (QS an-Nisa [4]: 10).
7. Neraka Wa’il Untuk orang-orang yang suka berbuat curang dalam timbangan(QS al-Muthaffifin [83]: 1-36).Wallahu a'lam(Syahruddin El Fikri)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Official Media Yayasan Rumah Berkah Nusantara, part of Republika Network. email: [email protected], Silakan kirimkan inf

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image