Tujuh Pintu Neraka dan Para Penghuninya

Agama  
Ilustrasi neraka. 
Ilustrasi neraka.

Neraka, sebagaimana banyak diterangkan dalam Al-Qur'an, hadis Nabi, dan juga berbagai referensi, neraka itu memiliki tujuh pintu. Nama ketujuh pintu itu adalah:
1. Neraka Jahannam2. Neraka Hawiyah3. Neraka Huthamah4. Neraka Jahim5. Neraka Saqar6. Neraka Sa’ir7. Neraka Wa’il
Masing-masing pintu neraka itu, nantinya akan dimasuki oleh mereka yang berbuat keburukan dan meninggalkan amal saleh selama hidup di dunia.Berikut ini nama-nama pintu neraka dan para penghuninya.
1. Neraka Jahannam Tempat untuk orang-orang kafir (QS al-Ankabut: 68). Untuk orang-orang yang durhaka (QS Maryam: 86). Untuk orang-orang munafik Bagi mereka yang suka berbuat kerusakan di muka bumi (QS al-Baqarah [2]: 204-206).
2. Neraka Hawiyah Tempat untuk orang-orang yang ringan timbangan amal kebaikannya (QS al-Qari’ah: 8).
3. Neraka Huthamah Tempat untuk orang-orang yang suka mengumpat Untuk orang-orang suka mencela Dan orang yang suka menumpuk-numpuk harta (QS al-Humazah [104]: 1-4).
4. Neraka Jahim Orang sesat (QS as-Syu’ara [26]: 91). Orang-orang yang zalim (QS ash-Shaffat [37]: 63). Orang yang bermegah-megahan (QS at-Takatsur 1-8). Makanannya buah pohon zaqqum, minumannya bercampur dengan air yang sangat panas.
5. Neraka Saqar Orang yang suka meninggalkan shalat (QS al-Muddatstsir: 42-43).
6. Neraka Sa’ir Orang yang suka memakan harta anak yatim (QS an-Nisa [4]: 10).
7. Neraka Wa’il Untuk orang-orang yang suka berbuat curang dalam timbangan(QS al-Muthaffifin [83]: 1-36).Wallahu a'lam(Syahruddin El Fikri)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Rumah Berkah adalah lembaga nirlaba, yakni Yayasan Rumah Berkah Nusantara. Lembaga ini bergerak dalam bidang Sosial, Keagamaan, dan Kemanusiaan.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image