Habib Umar: Rajab Adalah Bulan Allah

Hikmah  
Habib Umar Al Hafidz (istimewa).
Habib Umar Al Hafidz (istimewa).

Imam As-Shuyuthi berkata: Rajab adalah bulan Allah, Sya’ban adalah bulannya Rasulullah, dan Ramadhan adalah bulannya umat dari Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam (SAW).

Benarkah Bulan Rajab adalah bulan Allah? Menurut Habib Umar bin Hafidz, ulama asal Hadramaut/Tarim, Yaman, fakta bahwa Rajab adalah bulan Allah dengan merujuk pada doa yang disenandungkan oleh Rasulullah SAW. Yakni:

Allahumma barik lana fi rajaba wa sya'bana waballighna ramadhana.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ya Allah berkahilah kami pada bulan Rajab dan Syaban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadhan. (HR. Imam Ahmad).

 

Lebih lanjut Habib Umar mengatakan, Rajab adalah kunci dari bulan-bulan terbaik yang datang sesudahnya. Mengutip perkataan dari Imam Abu Bakar al-Warraq, ia berkata: Di bulan Rajab kamu menanam bibitnya, oada bulan Sya’ban kamu merawat dan menyiraminya, kemudian pada bulan Ramadhan kamu memanennya.”

Beliau menambahkan; “Rajab itu seperti angin, Sya’ban laksana awan mendung, dan Ramadhan adalah hujannya.”

Habib Umar menambahkan, pada bulan Rajab, kedua orang tua Rasululah SAW, yakni Abdullah dan Aminah, menikah. Dan pada bulan Rajab pula, Siti Aminah hami atau mengandung janin manusia mulia, yang pernah diciptakan Allah SWT, yakni Rasulullah SAW. Dan pada 27 Rajab, Rasulullah SAW menerima kemuliaan teragung melaksanakan Isra dan Mi’raj sekaligus berjumpa dengan Allah SWT untuk menerima perintah ibadah shalat lima waktu.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Rumah Berkah adalah lembaga nirlaba, yakni Yayasan Rumah Berkah Nusantara. Lembaga ini bergerak dalam bidang Sosial, Keagamaan, dan Kemanusiaan.

Twibbon Satu Abad NU

Sambut Satu Abad, NU Depok Gelar Apel Akbar

Habib Umar: Rajab Adalah Bulan Allah

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image