Ini Alasan Mengapa Orang Gila dan Anak Kecil tak Wajib Puasa

Agama  

Sahabat Rumah Berkah yang Budiman,

Anak-anak tentu tidak pernah merencanakan atau memikirkan kapan dirinya akan mengalami mimpi basah. Sebagaimana diketahui, mimpi basah tersebut datang begitu saja, tanpa mampu mereka tolak akan kedatangan atau kehadirannya. Pengalaman mimpi basah, bagi setiap orang, termasuk anak-anak (laki-laki maupun perempuan), merupakan sensasi yang menakjubkan, perasaan pun campur aduk, mengalami kebingungan untuk menyikapinya, dan menjadi kenangan terindah yang mendalam dan tak terlupakan karena telah masuk ke dalam long term memory (ingatan jangka panjang).

Dalam hadis lainnya dikemukakan, apabila seorang anak kecil telah berusia 10 tahun, maka dia diperintahkan untuk shalat, dan bila tidak mau mengerjakannya, maka hendaknya dipukul dengan pukulan yang mendidik dan bukan mencederainya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Namun demikian, walaupun anak-anak tidak diwajibkan berpuasa, tapi bagi orang tuanya (walinya) harus menyuruhnya supaya mereka berlatih dan membiasakan diri untuk mengerjakan puasa sejak dini, sehingga saat dewasa mereka sudah terbiasa dan mampu melaksanakannya.

Rubayyi binti Muawwidz meriwayatkan bahwa pada pagi hari Asyura, yakni tanggal 10 Muharam, Rasulullah SAW mendatangi suatu perkampungan kaum Anshar. Beliau kemudian bertanya; “Siapa yang berpuasa sejak pagi, hendaknya meneruskan puasanya, dan siapa yang tidak berpuasa sejak pagi hendaknya dia berpuasa pada sisa harinya.” Setelah itu, kami pun berpuasa dan menyuruh anak-anak kami yang masih kecil supaya berpuasa juga. Kami mengajak mereka ke Masjid dan membuatkan permainan untuk mereka dari bulu domba. Jika diantara mereka ada yang menangis meminta makanan, maka kami memberinya mainan itu. Keadaan ini berlangsung hingga tiba waktu berbuka.” (HR. Bukhari).

Berdasarkan keterangan ini, maka seorang anak yang belum mengalami mimpi basah atau belum keluar air mani, maka dirinya tak wajib berpuasa, tak wajib shalat, tak wajib melakukan perbuatan yang diperintahkan secara mutlak kepadanya hingga dia benar-benar telah dewasa.

.....Lanjut.....

Baca juga:

7 Keutamaan Puasa

Istri Ngambek Karena Suaminya Sering Kedatangan Tamu, Endingnya Mengharukan

Mengerjakan Ini Pahalanya Segede Gunung Uhud

Doa Hari ke-5 Puasa Ramadhan

10 Tujuan Diwajibkannya Berpuasa

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Official Media Yayasan Rumah Berkah Nusantara, part of Republika Network. email: [email protected], Silakan kirimkan inf

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image