Mau Berpuasa Seperti Rasulullah? Ikuti Caranya

Hikmah  

Begini Cara Rasulullah Berpuasa

Oleh: Syahruddin El Fikri

Rasulullah SAW adalah suri teladan bagi umat. Dalam Al-Qur’an, Allah menyatakan; Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” (Al-Ahzab [33]: 21).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Bahkan, dalam salah satu hadis yang diriwayatkan dari Aisyah RA, bahwa akhlak Rasulullah SAW itu senantiasa merujuk pada Al-Qur’an.

Karena itu, sudah selayaknya umat Islam menyontoh dan meneladani kepribadian Rasulullah SAW dalam segala hal, termasuk puasa. Berikut beberapa cara yang biasa dilakukan Rasulullah SAW dalam menjalankan ibadah puasa, dan menghidupkan Ramadhan.

Berniat untuk puasa sejak malam

“Diriwayatkan dari Hafsah, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang tidak berniat untuk puasa Ramadhan sejak malam, maka tak ada puasa baginya.” (HR Abu Dawud).

Mengawali dengan sahur

Setiap akan berpuasa, Rasul SAW selalu makan sahur dengan mengakhirkannya, yakni menjelang datangnya waktu imsak.

Menyegerakan berbuka

Saat waktu berbuka telah tiba, maka Rasul segera berbuka, minimal dengan sebutir kurma atau seteguk (segelas) air. Beliau makan saat lapar dan berhenti sebelum kenyang.

.......lanjut......


Menyegerakan shalat

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Official Media Yayasan Rumah Berkah Nusantara, part of Republika Network. email: [email protected], Silakan kirimkan inf

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image