Lima Amalan Penerang Kubur

Agama  
Membaca Al Quran.
Membaca Al Quran.

Lima Amalan Penerang Kubur
Oleh Syahruddin El Fikri

Setiap manusia tentu berharap saat dirinya wafat nanti dalam keadaan Husnul khatimah, akhir yang baik. Dan waktu dimakamkan nanti, dirinya senantiasa diterangi dengan cahaya terang yang bersumber dari amalannya sejak di dunia.

Berikut ini, lima amalan yang dapat menerangi alam kubur.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1. Sholat di awal waktu

Dalam Al Quran Allah SWT dengan tegas memerintahkan agar umat yang beriman melaksanakan shalat tepat waktu.

فَإِذَا قَضَيْتُمُ ٱلصَّلَوٰةَ فَٱذْكُرُوا۟ ٱللَّهَ قِيَـٰمًۭا وَقُعُودًۭا وَعَلَىٰ جُنُوبِكُمْ ۚ فَإِذَا ٱطْمَأْنَنتُمْ فَأَقِيمُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ ۚ إِنَّ ٱلصَّلَوٰةَ كَانَتْ عَلَى ٱلْمُؤْمِنِينَ كِتَـٰبًۭا مَّوْقُوتًۭا

"Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah shalat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman." (QS. An-Nisa [4]: 103).

Dari Abdullah Ibnu Mas'ud Rhadiyallallu anhu berkata, 'Aku bertanya kepada Nabi Muhammad ﷺ tentang amalan apakah yang paling disukai oleh Allah Ta'ala? Beliau menjawab, "Sholat pada waktunya." Kemudian apa? Beliau menjawab, "Berbuat baik kepada kedua orangtua". Kemudian apa? Beliau menjawab, "Jihad fi sabilillah." (HR Bukhari dan Muslim).

Kemudian dalam hadits lain, sebagaimana diriwayatkan dari Hanzhalah Al Katib, dia berkata, "Aku mendengar Rasulullah ﷺ bersabda, "Barangsiapa selalu menjaga sholat wajib yang lima, baik ruku, sujud, wudhu atau waktu-waktunya. Dan dia mengetahui bahwa semua itu merupakan kewajiban dari sisi Allah, maka dia akan masuk surga". Atau beliau mengatakan, "Wajib baginya surga". (HR. Ahmad).

2. Istiqomah bersedekah walaupun hanya dengan sebutir kurma

Bersedekah atau berinfak sangat besar pahalanya di sisi Allah SWT. Allah menjanjikan balasan hingga 700 kalo bagi mereka yang suka bersedekah.

مَّثَلُ ٱلَّذِينَ يُنفِقُونَ أَمْوَٰلَهُمْ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِى كُلِّ سُنۢبُلَةٍۢ مِّا۟ئَةُ حَبَّةٍۢ ۗ وَٱللَّهُ يُضَـٰعِفُ لِمَن يَشَآءُ ۗ وَٱللَّهُ وَٰسِعٌ عَلِيمٌ

"Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui." (QS. Al Baqarah: 261).

Dalam hadits lain, Rasulullah SAW bersabda: “Jauhkan dirimu dari api neraka walaupun hanya dengan (sedekah) sebutir kurma”. (Mutafaq 'alaih)

3. Membaca surat Al-Mulk sebelum tidur

Dari Abdullah bin Mas'ud RA, ia berkata "Siapa yang membaca surat Al-Mulk setiap malam, Allah SWT akan menghindarkannya dari siksa kubur dengan surat tersebut."(HR. An-Nasa'i)

Surat Al Mulk akan memberi syafaat kepada seorang muslim di Hari Kiamat.

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah No. 3776 dari Abu Hurairah dari Nabi ﷺ, beliau bersabda, "Sesungguhnya satu surat di dalam Al-Qur'an memiliki tiga puluh ayat yang dapat memberi syafaat kepada pembacanya hingga ia diampuni. yaitu; tabaarakalladzii biyadihil mulku (? surah Al Mulk)."

4. Melaksanakan sholat tahajjud

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Official Media Yayasan Rumah Berkah Nusantara, part of Republika Network. email: [email protected], Silakan kirimkan inf

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image