Agar Berkah, Berikut Doa Minum Air Zamzam

Doa  

Agar Berkah, Berikut Doa Minum Air Zamzam

Jamaah haji atau jamaah umrah, kerap meminum air Zamzam, yakni air yang muncul atas hentakan kaki Nabi Ismail Alaihissalam. Sebagaimana diketahui, ibunda Nabi Ismail, yakni Siti Hajar, berusaha mencari-cari air untuk putranya tersebut ketika sedang menangis karena kehausan yang teramat sangat. Ke sana kemari ia mencari air, dengan berlari-lari dari Bukit Shafa ke Bukit Marwah hingga tujuh kali, namun tak kunjung menemukan air.

Saat Kembali menemui putranya, ternyata ada air yang muncul dari bekas hentakan putranya, Ismail bin Ibrahim itu. Maka ia kemudian berseru, Zamzam, Zamzam (berkumpullah, berkumpullah). Dan setelah terkumpul, maka diambillah air itu lalu diminumkan kepada putranya, Ismail Alaihissalam.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Nah, saat melaksanakan ibadah haji dan umrah, para jamaah umumnya memanfaatkan air tersebut untuk minum. Pemerintah Arab Saudi menyediakan sejumlah tempat untuk kemudahan jamaah dalam memanfaatkannya untuk minum. Baik saat di masjid ataupun Kembali ke penginapan (hotel). Bahkan ada juga yang membawa pulang hingga ke Tanah Air.

Saat meminum air Zamzam, jamaah dianjurkan untuk membaca doa. Berikut doa saat minum air Zamzam.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا وَاسِعًا وَشِفَاءً مِنْ كُلِّ دَاءٍ

Allāhumma innī as’aluka ‘ilman nafi‘an, wa rizqan wasi‘an, wa syifā’an min kulli dā’in.  

“Ya Allah, sungguh aku meminta kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang luas, dan kesembuhan dari segala penyakit.”

Baca Juga:

Alasan Warga NU Suka Tahlilan

Doa Saat Turun Hujan

Keutamaan Doa Sayyidul Istighfar

Al-Bujairimi juga mengutip doa air zamzam dari sahabat Ibnu Abbas RA yang diriwayatkan oleh Ad-Daruqutni:

   كَانَ ابْنُ عَبَّاسٍ إِذَا شَرِبَ يقُوْلُ:  اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا وَاسِعًا وَشِفَاءً مِنْ كُلِّ دَاءٍ

“Sahabat Ibnu Abbas RA ketika minum air zamzam berdoa, ‘Allāhumma innī as’aluka ‘ilman nafi‘an, wa rizqan wasi‘an, wa syifā’an min kulli dā’in,’” (Al-Bujairimi: 2006 M/1426-1427 H: II/447-448).

Demikian doa minum air zamzam yang dapat dibaca oleh jamaah haji atau bukan jamaah haji yang hendak meminum air zamzam. Wallahu a‘lam. (Syahruddin E/RB)

Baca Juga:

Alasan Warga NU Suka Tahlilan

Doa Saat Turun Hujan

Keutamaan Doa Sayyidul Istighfar

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Official Media Yayasan Rumah Berkah Nusantara, part of Republika Network. email: [email protected], Silakan kirimkan inf

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image