Doa Agar Terhindar dari Rasa Sakit dan Saat Menjenguk Orang Sakit

Doa  

Setiap manusia, muslim maupun bukan, tentu berharap dirinya selalu sehat walafiat, dan dijauhkan dari segala penyakit. Baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain. Sebab, jika sudah sakit, maka apapun menjadi tidak enak. Makan rasanya tidak enak, kerja jadi malas, bergerak tidak enak. Pendek kata, sakit itu sangat tidak mengenakkan.

Namun demikian, adakalanya seseorang tetap akan dilanda rasa sakit, walaupun ia sudah berupaya untuk mencegahnya dan menghindarinya. Dan bila itu terjadi, maka semuanya menjadi tidak enak bahkan pekerjaan pun bisa terbengkalai.

Karena itu, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassalam (SAW) mengajarkan sebuah doa yang bisa dijadikan panduan bagi setiap muslim. Sebagaimana dikutip dari Kitab Al-Adzkar, yang ditulis oleh Imam An-Nawawi, dari Riwayat Imam Bukhari dan Muslim, doa tersebut dapat dipergunakan bila dirinya merasa kurang enak badan (sakit), maupun saat menjenguk salah seorang saudara atau sahabat yang sedang sakit.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Berikut doa tersebut:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

“Allaahumma rabbannaas adzhibil ba’sa isyfi fa antasy syaafi illaa syifaa`a illa syifa`uka syifaa`an laa yughaadhiru saqama.”

“Ya Allah, Tuhan semua manusia, hilangkanlah rasa sakit ini dan sembuhkanlah. Engkaulah Zat Yang Maha Penyembuh, Tidak ada kesembuhan yang sejati kecuali kesembuhan yang datang dari-Mu. Yaitu kesembuhan yang tidak meninggalkan komplikasi rasa sakit dan penyakit lain agar tidak kambuh lagi.” (HR Bukhari Muslim).

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Official Media Yayasan Rumah Berkah Nusantara, part of Republika Network. email: [email protected], Silakan kirimkan inf

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image