483 Wartawan di Jawa Barat Dinyatakan Sangat Kompeten

Pustaka  
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Barat, Hilman Hidayat pada Pembukaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Cirebon. (foto: dokumentasi Pemprov Jabar/Humas PWI Jabar).
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Barat, Hilman Hidayat pada Pembukaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Cirebon. (foto: dokumentasi Pemprov Jabar/Humas PWI Jabar).

483 Wartawan di Jawa Barat Dinyatakan Sangat Kompeten

Sebanyak 684 wartawan dari 27 Kabupaten/Kota se-Jabar mengikuti kegiatan Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan PWI Jawa Barat berkolaborasi dengan Pemprov Jabar.

DEPOK— Sebanyak 684 wartawan dari 27 Kabupaten/Kota se-Jabar mengikuti kegiatan Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Barat (Jabar) berkolaborasi dengan Pemprov Jabar. Dari total peserta itu, sebanyak 483 wartawan dinyatakan lulus dan dinyatakan sangat kompeten, sedangkan sisanya dinyatakan tidak kompeten.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Penanggung Jawab UKW PWI Jabar, Ahmad Syukri mengungkapkan, tingkat kelulusan dari pelaksanaan road show UKW mencapai 87 persen. Ia merinci, dari titik pertama hingga ke delapan lokasi yang menjadi tempat diselenggarakannya UKW, tercatat ada 648 wartawan yang mendaftar. Namun yang mengikuti ujian, kata dia, hanya 550 orang.

“Karena 98 peserta mengundurkan diri. Dan para peserta yang mengikuti UKW ini, ungkapnya, terdiri atas jenjang muda, madya dan utama," katanya.

Ia berharap, dengan bertambahnya ratusan wartawan yang kompeten di Jabar dapat berimbas kepada meningkatnya profesionalisme wartawan.

Sehingga, kata dia, akan berimbas pula terhadap meningkatkan kualitas jurnalistik yang dihasilkan wartawan. "Jika wartawan semakin profesional, maka bisa membantu menangkal berita-berita hoaks di masyarakat," bebernya.

Ke depan, sambungnya, program ini terus akan berlanjut setiap tahunnya, sebagaimana komitmen Pemprov Jabar dalam meningkatkan kompetensi wartawan. "Tahun depan mudah-mudahan dapat kita akan gelar lagi. Mengingat animo dari peserta masih tinggi," tutupnya.

Terselenggaranya UKW oleh PWI Jawa Barat (Jabar) ini merupakan kolaborasi dengan Pemprov Jabar. Dan pada penyelenggaraan UKW di Jabar ini mencatat rekor dalam penyelenggaraan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dengan peserta terbanyak di Indonesia dalam kurun waktu delapan bulan.

Program yang digagas oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil ini berhasil menjaring sebanyak 648 peserta dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jabar, DR. IKa Mardiah dalam keterangan pers, Kamis (31/8) menyebut program UKW merupakan bagian dari upaya Pemprov Jawa Barat mewujudkan Jawa Barat Juara di sektor sumber daya manusia (SDM).

“Pemprov Jabar ingin berkontribusi meningkatan kualitas wartawan lewat penyelenggaraan UKW bagi wartawan," kata Ika.

Atas pencapaian ini, Pemprov Jabar mendapat penghargaan dari PWI Pusat pada peringatan Hari Pers Nasional (HPN) di Medan beberapa waktu yang lalu.

Sementara itu, Ketua PWI Jabar, Hilman Hidayat mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jabar, Ridwan Kamil dan Diskominfo atas kolaborasi yang telah tercipta selama ini. Ini menunjukan kerja sama pentahelix memang sangat dibutuhkan untuk membangun Jawa Barat.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Official Media Yayasan Rumah Berkah Nusantara, part of Republika Network. email: [email protected], Silakan kirimkan inf

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image