Derajat Keutamaan Membaca Al-Qur'an

Hadits  

Derajat Keutamaan Membaca Al-Qur'an

Sahabat Rumah Berkah yang dirahmati Allah SWT.

Berikut ini adalah hadis-hadis yang menjelaskan tentang keutamaan membaca Al-Qur'an. Dengan mengetahui dan memahami kandungan hadis ini, semoga makin memotivasi diri kita untuk terus membersamai Al-Qur'an.

1. Orang yang paling baik

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

.خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ

"Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al-Qur'an dan mengajarkannya." (HR. Al Bukhari, At Tirmidzi, Abud Dawud, dan Ibnu Majah).

2. Terbata-bata dapat dua pahala

المَاهِرُ بِالْقُرْآنِ مَعَ السَّفَرَةِ الْكِرَامِ الْبَرَرَةِ وَالَّذِي يَقْرَأُ الْقُرْآنَ وَيَتَتَعْتَعُ فِيْهِ وَهُوَ عَلَيْهِشَاقُ لَهُ أَجْرَانَ"

Orang yang mahir membaca Al-Qur'an itu bersama para malaikat pencatat yang mulia yang berbakti. Orang yang membaca Al Qur'an dengan terbata-bata (tidak lancar) dan Qur'an itu terasa susah baginya saat dibaca, dia mendapatkan dua pahala." (HR. Muslim).

3. Derajatnya Ditinggikan

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ يُقَالُ لِصَاحِبِ الْقُرْآنِ اقْرَأْ وَارْتَقِ وَرَتِّلْ كَمَا كُنتَ تُرَتِّلُ فِي الدُّنْيَا فَإِنَّ مَنْزِلَتَكَ عِنْدَ آخِرِ آيَةٍ تَقْرَؤُهَا

Dari Abdullah bin Amr ra., dia berkata : Rasulullah Saw bersabda: '(Pada hari kiamat kelak) akan dikatakan kepada shahib al-Qur'an, bacalah dan teruslah naik, bacalah dengan tartil sebagaimana engkau dahulu biasa membaca dengan tartil di dunia, karena sesungguhnya derajatmu sesuai pada akhir ayat yang kamu baca (hafal). (HR. Abu Daud, at-Tirmidzi, Ahmad).

4. Diberikan Syafaat bagi Pembacanya

اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لِأَصْحَابِهِ

Bacalah oleh kalian Al-Qur'an, Karena ia (Al-Qur'an) akan datang pada Hari Kiamat kelak sebagai pemberi syafa'at bagi orang-orang yang rajin membacanya." (HR. Muslim).

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Official Media Yayasan Rumah Berkah Nusantara, part of Republika Network. email: [email protected], Silakan kirimkan inf

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image