IBF 2023 Harapkan Peningkatan Akhlak dan Prestasi LIterasi Islami

Pustaka  

IBF 2023 Harapkan Peningkatan Akhlak dan Prestasi LIterasi Islami

Oleh Syahruddin El Fikri

JAKARTA—Sahabat Rumah Berkah yang dirahmati Allah SWT. Islamic Book Fair (IBF) 2023 yang diselenggarakan Ikapi DKI Jakarta, resmi dibuka pada Rabu, 20 September 2023. Pameran buku Islam terbesar di Asia Tenggara ini akan berlangsung hingga Ahad 24 September 2023 di Istora Senayan Jakarta.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sebanyak 190 stan disediakan panitia untuk mengapresiasi antusiasme peserta pameran yang berasal dari penerbit buku, dan sejumlah multiproduk. “Selain itu ada juga stan untuk kuliner,” ujar Ketua Panitia Islamic Book Fair (IBF) ke-21 Tahun 2023, Abdul Hakim pada pembukaan Islamic Book Fair yang ke 21, di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (20/9/2023),

Artikel Terkait: Inilah Pemenang IBF Award 2023

Hakim menjelaskan, pada perhelatan IBF ke-21 ini, pihaknya mengetengahkan tema “Berakhlak dan Berprestasi dengan Literasi Islami.” Tema ini, kata dia, menginspirasi panitia agar selalu mengedepankan akhlak mulia dalam perjalanan kehidupan bangsa dengan prestasi terbaik.

"Akhlak bisa didapatkan, prestasi juga bisa di punyai. Tapi apa dasarnya? Maka literasi Islam berdasarkan kepada wahyu dan Rasulullah SAW, jejak para sahabat akan jadi menjadi bagian penting akan membentuk sebuah sebuah sikap yang berakhlak dan berprestasi," kata Hakim.

Pada IBF ke-21 ini, kata Hakim, berbeda dan spesial dibandingkan penyelenggaraan IBF sebelumnya. Tahun sebelumnya sempat satu kali absen tidak mengadakan sebuah penghargaan yang ditunggu-tunggu bidang penerbitan yaitu penghargaan IBF Award. Pada tahun ini ada empat kategori yang dihadirkan yaitu karya fiksi anak, fiksi dewasa, non fiksi anak dan non fiksi dewasa. "Yang menggembirakan di tengah pandemi banyak karya berkualitas tidak hanya secara isi, secara konten tapi kemampuan ilustrasinya," ujarnya.

Sementara itu, Tokoh Perbukuan Islam 2023, Prof Hamid Fahmy Zarkasyi menekankan pentingnya literasi islam bagi generasi muda. Menurutnya generasi muda harus memahami kekayaan sejarah islam di masa lalu.

Baca Juga:

Inilah Pemenang IBF Award 2023

Ribuan Santri Kunjungi IBF 2023

Tiga Pameran Siap Memanjakan Penikmat Buku

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Official Media Yayasan Rumah Berkah Nusantara, part of Republika Network. email: [email protected], Silakan kirimkan inf

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image