Syekh Khalil Al-Hushary: Pelantun Shalawat Tarhim Terkemuka di Indonesia

Pustaka  

Syekh Khalil Al-Hushary: Pelantun Shalawat Tarhim Terkemuka di Indonesia

Shalawat tarhim, tentu sudah tak asing bagi masyarakat Indonesia. Hampir setiap waktu shubuh, terdengar lantunan merdu shalawat tersebut dari menara-menara masjid maupun mushola di Indonesia. Suara khas shalawat tarhim yang terdengar itu, membuat rindu ketika berada jauh dari kampung halaman.

Syekh Al-Khalil Al Hushary, sang pelantun shalawat tarhim tersebut, sudah wafat pada 24 November 1980. Beliau dikenal sebagai seorang ulama, qari, hafidzh, dan lainnya. Suaranya yang khas, membuat orang-orang terpana.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Berikut ini adalah biografi singkat dari Syekh Khalil Al-Hushary tersebut.

· Beliau lahir di Shubra al-Namlah, Tanta, Gharbiyyah, Mesir, pada 17 September 1917. Ketika berusia 8 tahun (sumber lain menyebutkan 9 atau 11 tahun), beliau telah hafal seluruh Al-Qur’an sempurna dengan tajwidnya. Beliau menempuh pendidikan di Al-Azhar untuk belajar qiraat 'asyr, mengambil ijazah sanad dalam disiplin ilmu Qiraat. orang

· Tahun 1944, Syaikh Khalil Al-Hushary mulai rutin menjadi qari di siaran Alquran al-Karim di Mesir. Sejak saat itulah, suara indah dan fasihnya dikenal umat Islam di berbagai penjuru.

· Tahun 1957, beliau dipilih menjadi penyeleksi para qari’ di Mesir.

· Tahun 1960, beliau diberi amanah untuk mengoreksi cetakan-cetakan mush-haf Alquran yang ada di Al-Azhar. Beliau menjalankan tugas tersebut di bawah lembaga Alquran wa al-Hadits bi Jam’i al-Buhuts al-Islamiyah

· Tahun 1961, Syekh Mahmud Khalil al-Hushari merupakan orang yang pertama kali melakukan rekaman bacaan murottal dengan riwayat bacaan Imam Hafs dari Ashim. Kemudian juga rekaman dengan riwayat dari bacaan qiraat 'asyr. Di antaranya riwayat Imam Warsy, Imam Qalun, Imam ad-Duri. Rekamannya disiarkan di radio-radio Mesir. Sekitar 10 tahun lamanya hanya rekaman suara murottal beliau yang diputar di radio, serta diputar di setiap menjelang adzan shalat fardhu dan shalat Jum’at.

· Beliau juga dipilih menjadi ketua Persatuan Qari’ Dunia dan telah melakukan kunjungan safar mengelilingi beberapa benua dunia; Asia, Afrika, Eropa, dan Amerika.

· Tahun 1976, beliau diundang ke World of Islam Festival di London.

· Tahun 1977, beliau membacakan ayat suci al-Qur'an di hadapan Kongres Amerika Serikat, PBB.

· Tahun 1978, beliau membacakan ayat suci al-Qur'an di Istana Buckingham

· Beliau juga menggelar tur ke Filipina, Tiongkok, Prancis, dan Singapura, juga di negara-negara Muslim, pada bulan Ramadan.

· 24 November 1980, beliau berpulang ke rahmatullah.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Official Media Yayasan Rumah Berkah Nusantara, part of Republika Network. email: [email protected], Silakan kirimkan inf

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image