Jangan Kalian Masuk Madain Saleh, Kecuali dalam Keadaan Menangis

Situs  
Jabal Fil (gunung berbentuk belalai gajah) yang terletak di Madain Saleh, Al Hijr. (Dokpri).
Jabal Fil (gunung berbentuk belalai gajah) yang terletak di Madain Saleh, Al Hijr. (Dokpri).

Jangan Kalian Masuk, Kecuali dalam Keadaan Menangis

Oleh Syahruddin El Fikri

Sahabat yang dirahmati Allah SWT

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Madain Saleh, atau Kota Nabi Saleh yang terletak sekitar 440 kilometer dari Madinah Al Munawwarah, kini menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Arab Saudi. Kerajaan Arab Saudi yang memiliki visi 2030 menjadikan Madain Saleh dan Al Ula, sebagai tujuan turis mancanegara yang diharapkan dapat menambahkan devisa bagi Arab Saudi.

Saat ini, Madain Saleh di Al Hijr atau Al-Ula di daerah Dedan, Arab Saudi, makin populer atau viral setelah banyak tokoh dunia dan selebritas mengunjungi lokasi tersebut. Mereka menjadikan lokasi tersebut sebagai tujuan wisata.

Yang menjadi pertanyaan banyak kaum muslimin, Madain Saleh di Al-Hijr dan Al Ula, merupakan tempat umat Nabi Saleh. Mereka dulunya diazab oleh Allah dengan suara guntur yang menggelegar, sehingga mereka terbunuh. Hal ini diakibatkan mereka melanggar larangan Allah dan mendustakan Nabi Saleh, serta membunuh unta yang telah diberikan kepada mereka.

Dalam Al-Quran, peristiwa itu diabadikan dalam Surah Hud ayat 67-68.

“Dan satu suara yang keras yang mengguntur menimpa orang-orang yang zalim itu, lalu mereka mati bergelimpangan di tempat tinggal mereka, seolah-olah mereka belum pernah berdiam di tempat itu. Ingatlah, sesungguhnya kaum Tsamud mengingkari Tuhan mereka. Ingatlah, kebinasaanlah bagi kaum Tsamud.” (QS Hud [11]: 67-68).

Baca Juga: Sisa-Sisa Kehancuran Kaum Tsamud di Madain Saleh

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dalam kitabnya Musnad Imam Ahmad (2/117) dari jalur Abdullah bin Umar dari Nafi,

نَزَلَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِالنَّاسِ عَامَ تَبُوكَ الْحِجْرَ عِنْدَ بُيُوتِ ثَمُودَ ، فَاسْتَقَى النَّاسُ مِنَ الْآبَارِ الَّتِي كَانَتْ تَشْرَبُ مِنْهَا ثَمُودُ ، فَعَجَنُوا وَنَصَبُوا الْقُدُورَ بِاللَّحْمِ ، فَأَمَرَهُمْ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَهْرَقُوا الْقُدُورَ ، وَعَلَفُوا الْعَجِينَ الْإِبِلَ، ثُمَّ ارْتَحَلَ بِهِمْ حَتَّى نَزَلَ بِهِمْ عَلَى الْبِئْرِ الَّتِي كَانَتْ تَشْرَبُ مِنْهَا النَّاقَةُ، وَنَهَاهُمْ أَنْ يَدْخُلُوا عَلَى الْقَوْمِ الَّذِينَ عُذِّبُوا فَقَالَ : إِنِّي أَخْشَى أَنْ يُصِيبَكُمْ مِثْلُ مَا أَصَابَهُمْ فَلَا تَدْخُلُوا عَلَيْهِم

Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam tiba pada tahun terjadinya perang Tabuk di Hijr; tempat tinggal Tsamud (kaum Nabi Shalih Alaihissallam), kaum Muslim mengambil air minum dari sumur-sumur air minum kaum Tsamud. Mereka membuat adonan makanan dan meletakkan daging di panci. Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam kemudian memerintahkan mereka untuk menumpahkan (isi) panci dan memberikan adonan makanan tersebut untuk makanan unta. Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersama mereka pergi dari tempat tersebut hingga tiba di sumur tempat minum unta (unta Nabi Shalih Alaihissallam). Rasûlullâh melarang masuk (tempat) kaum yang diadzab dengan mengatakan, “Aku takut kalian ditimpa musibah yang pernah menimpa mereka, maka janganlah kalian masuk!

Dalam riwayat Imam Bukhâri, dari riwayat Abdullah bin Umar Radhiyallahu anhuma, Rasûlullâh bersabda:

لاَ تَدْخُلُوا عَلَى هؤُلاَءِ الْمَعَذَّبِينَ، إِلاَّ أَنْ تَكُونُوا بَاكِينَ فإِنْ لَمْ تَكُونُوا بَاكِينَ، فَلاَ تَدْخُلُوا عَلَيْهِمْ لاَ يُصِيبُكُمْ مَا أَصَابَهُمْ

Jangan masuk ke (tempat) orang-orang yang diazab kecuali kalian menangis! Kalau tidak menangis, jangan masuk ke tempat mereka agar musibah mereka tidak menimpa kalian. (HR. Bukhari).

Baca Juga: Madain Saleh, Kota Kaum Tsamud yang Jadi Warisan Dunia

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Official Media Yayasan Rumah Berkah Nusantara, part of Republika Network. email: [email protected], Silakan kirimkan inf

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image