Supaya Berkah, Berikut Doa Masuk Rumah

Doa  

Islam adalah yang lengkap dan sempurna. Semua hal diajarkan dalam Islam, temasuk dalam berdoa. Saat masuk ke rumah, umat Islam dianjurkan berdoa, dan sebaliknya ketika keluar rumah pun dianjurkan untuk membaca doa.

Allah SWT berfirman dalam surah An-Nur [24]: ayat 61;

لَيْسَ عَلَى الْاَعْمٰى حَرَجٌ وَّلَا عَلَى الْاَعْرَجِ حَرَجٌ وَّلَا عَلَى الْمَرِيْضِ حَرَجٌ وَّلَا عَلٰٓى اَنْفُسِكُمْ اَنْ تَأْكُلُوْا مِنْۢ بُيُوْتِكُمْ اَوْ بُيُوْتِ اٰبَاۤىِٕكُمْ اَوْ بُيُوْتِ اُمَّهٰتِكُمْ اَوْ بُيُوْتِ اِخْوَانِكُمْ اَوْ بُيُوْتِ اَخَوٰتِكُمْ اَوْ بُيُوْتِ اَعْمَامِكُمْ اَوْ بُيُوْتِ عَمّٰتِكُمْ اَوْ بُيُوْتِ اَخْوَالِكُمْ اَوْ بُيُوْتِ خٰلٰتِكُمْ اَوْ مَا مَلَكْتُمْ مَّفَاتِحَهٗٓ اَوْ صَدِيْقِكُمْۗ لَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ اَنْ تَأْكُلُوْا جَمِيْعًا اَوْ اَشْتَاتًاۗ فَاِذَا دَخَلْتُمْ بُيُوْتًا فَسَلِّمُوْا عَلٰٓى اَنْفُسِكُمْ تَحِيَّةً مِّنْ عِنْدِ اللّٰهِ مُبٰرَكَةً طَيِّبَةً ۗ كَذٰلِكَ يُبَيِّنُ اللّٰهُ لَكُمُ الْاٰيٰتِ لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُوْنَ

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Tidak ada halangan bagi orang buta, tidak (pula) bagi orang pincang, tidak (pula) bagi orang sakit, dan tidak (pula) bagi dirimu, makan (bersama-sama mereka) di rumah kamu atau di rumah bapak-bapakmu, di rumah ibu-ibumu, di rumah saudara-saudaramu yang laki-laki, di rumah saudara-saudaramu yang perempuan, di rumah saudara-saudara bapakmu yang laki-laki, di rumah saudara-saudara bapakmu yang perempuan, di rumah saudara-saudara ibumu yang laki-laki, di rumah saudara-saudara ibumu yang perempuan, (di rumah) yang kamu miliki kuncinya atau (di rumah) kawan-kawanmu. Tidak ada halangan bagi kamu makan bersama-sama mereka atau sendiri-sendiri. Apabila kamu memasuki rumah-rumah hendaklah kamu memberi salam (kepada penghuninya, yang berarti memberi salam) kepada dirimu sendiri, dengan salam yang penuh berkah dan baik dari sisi Allah. Demikianlah Allah menjelaskan ayat-ayat(-Nya) bagimu, agar kamu mengerti. (Q.S An-Nur [24]:61).

Mengucapkan salam saat memasuki rumah atau saat keluar rumah hendaknya dilakukan dengan penuh penghormatan sebagai perwujudan dari pengharapan dalam meminta berkah dan kebaikan kepada Allah SWT.

Hal tersebut, juga dijelaskan dalam sebuah hadis dari Anas bin Malik RA sebagai berikut: “Rasullah Sallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bekata kepadaku: Wahai anakku, jika kamu masuk menemui keluargamu, maka ucapkanlah salam, agar datang keberkahan atasmu dan penghuni rumahmu.” (HR-At Tirmidzi).

اَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِاللهِ الصَّالِحِيْنَ اللّٰهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَ المَوْلِجِ وَ خَيْرَ المَخْرَجِ, بِاسْمِ اللّٰهِ وَ لَجْنَا، بِاسْمِ اللّٰهِ خَرَجْنَا، وَ عَلَى اللّٰهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

Assalaamu 'alainaa wa 'alaa 'ibaadillaahish shoolihiin. Allahumma innii as-aluka khoirol mauliji wa khoirol makhroji bismillaahi wa lajnaa wa bismillaahi khorojnaa wa'alallohi robbina tawakkalnaa.

“Semoga keselamatan atas kita, hamba-hamba Allah yang shalih. Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu baiknya tempat masuk dan baiknya tempat keluar dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakkal.” (H.R Ibnu Daud).

Keutamaan membaca doa masuk ke rumah

Banyak keutamaan dan keistimewaan ketika kita memasuki rumah dengan mengucapkan salam atau membaca doa tersebut di atas. Di antaranya, pertama, Allah SWT akan mengutus para malaikat-malaikat-Nya untuk menjaga dan memelihara kondisi rumah dari berbagai gangguan, baik gangguan manusia, jin, maupun lainnya.

Kedua, rumah tersebut akan senantiasa diberkahi Allah. Sehingga orang-orang yang berada di dalamnya akan selalu merasa aman, nyaman, tenteram, dan sejuk. Begitu juga bagi orang lain yang dating berkunjung ke rumah tersebut, senantiasa akan merasa nyaman.

Ketiga, dihindarkan dari segala marahabaya yang mungkin mengancam keluarga yang berada di dalam rumah tersebut. Allahu A’lamu bish-shawab (syahruddin el fikri, khadimul Rumah Berkah)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Rumah Berkah adalah lembaga nirlaba, yakni Yayasan Rumah Berkah Nusantara. Lembaga ini bergerak dalam bidang Sosial, Keagamaan, dan Kemanusiaan.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image