Kapan Waktu Terbaik untuk Bersedekah?

Hadits  
Kapan waktu terbaik untuk bersedekah? (foto: Ilustrasi)
Kapan waktu terbaik untuk bersedekah? (foto: Ilustrasi)

Sahabat Rumah Berkah, ada banyak waktu untuk berinfak atau bersedekah. Dan dalam sebuah hadis dikatakan, bahwa mereka yang bersedekah pada waktu itu, maka akan hadir dua malaikat untuk mendoakan mereka yang bersedekah pada waktu tersebut? Kapankah waktu terbaik itu?

Sahabat Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu, ia berkata bahwa Nabi ﷺ bersabda: “Ketika hamba berada di setiap pagi, ada dua malaikat yang turun dan berdoa. Seorang malaikat berdoa: “Ya Allah berikanlah ganti pada mereka yang gemar berinfak.” Malaikat yang lain berdoa, “Ya Allah, berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah.” (HR. Bukhari no. 1442 dan Muslim No. 1010).

Dalam Al-Quran, Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman dalam Surah Adz-Dzariyat ayat: 17-19.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam. Dan pada waktu sahur (menjelang subuh) mereka senantiasa memohon ampunan (istighfar). Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang-orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak meminta (tidak mendapat bagian).”

Sebagian ulama menjelaskan, pada ayat 18-19 surah Adz-Dzariyat tersebut menunjukan keutamaan waktu bersedekah, yakni pada waktu menjelang sahur (menjelang subuh). Dan harta-harta itu diberikan kepada orang miskin yang meminta, dan orang miskin yang tidak meminta.

Sahabat Rumah Berkah

Berdasarkan keterangan ayat Al-Quran dan hadis di atas, maka sesungguhnya waktu terbaik untuk bersedekah itu adalah saat sahur (menjelang subuh) atau di pagi hari, saat banyak manusia masih sedang terlelap tidur. Dengan bersedekah di waktu-waktu tersebut, maka selain menjadi ciri orang yang bertakwa (muttaqin), juga akan senantiasa didoakan oleh malaikat.

Baca Juga:

Sedekah Subuh Didoakan Malaikat

Keutamaan Membangun Masjid

Malaikat Berebut Mencatat Doa Orang Ini

Marilah kita mulai dan niatkan dalam hati untuk rutin sedekah di pagi hari atau lebih tepatnya saat sahur. Apalagi bersedekah di Hari Jumat, yang merupakan hari istimewa, karena Rasul ﷺ bersabda: “Hari Jumat itu adalah penghulu dari semua hari (Sayyidul Ayyam).” Semoga kita semua senantiasa dimudahkan dan dilancarkan rezekinya oleh Allah SWT. Aamiin.

Wallahu a’lam. (Syahruddin E, Khadimul Rumah Berkah).

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Official Media Yayasan Rumah Berkah Nusantara, part of Republika Network. email: [email protected], Silakan kirimkan inf

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image