Peristiwa Besar dan Keistimewaan Bulan Ramadhan

Agama  

Ramadhan bulan yang sangat istimewa. Banyak keutamaan dan keistimewaan yang terdapat pada Ramadhan bagi umat Islam. Di antara sekian banyak keistimewaan tersebut, berikut ini beberapa di antaranya:

Bulan yang diberkahi oleh Allah

Pada bulan Ramadhan pintu-pintu surga dibuka dan pintu-pintu neraka ditutup dan pada bulan Ramadhan juga setan-setan dibelenggu. Rasulullah SAW bersabda: “Apabila datang bulan Ramadhan maka dibukalah pintu-pintu syurga dan ditutuplah pintu-pintu neraka, dan setan-setan diikat (dibelenggu).” (HR. Bukhari dan Muslim)

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Waktu yang mustajab untuk berdoa

Bulan Ramadhan adalah bulan istimewa untuk bermunajat kepada Allah.

“Setiap muslim memiliki doa yang mustajab (terkabulkan) yang berdo’a dengannya pada bulan Ramadhan.” (HR. Ahmad).

Ada tiga doa yang tidak ditolak diantaranya yaitu : orang yang berpuasa ketika berbuka, imam (pemimpin) yang adil dan doa orang yang terzalimi.” (HR. Ahmad)

Ramadhan bulan turunnya Al-Qur’an

Al-Qur’an diturunkan dibulan Ramadhan sebagai petunjuk bagi umat manusia dan sebagai penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta pembeda (antara yang hak dan yang batil).

“Beberapa hari yang ditentukan itu ialah bulan Ramadhan yang didalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan sebagai penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil).” (QS. Al-Baqarah [2]: 185).

Rukun Islam

Rasul Saw bersabda: “Islam didirikan diatas lima sendi yaitu : syahadat tiada sembahan yang hak selain Allah dan Muhammad adalah rasul Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, puasa Ramadhan dan pergi haji ke Baitul Haram. (Muttafaq ‘Alaih).

Ibadah puasa merupakan salah satu sarana penting untuk mencapai takwa, dan salah satu sebab mendapatkan ampunan dosa, melipatgandakan kebaikan, dan mengevaluasi derajat. Allah SWT telah menjadikan ibadah puasa khusus untuk dirinya dari amal-amal ibadah lainnya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Official Media Yayasan Rumah Berkah Nusantara, part of Republika Network. email: [email protected], Silakan kirimkan inf

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image