Sudah Pertengahan Ramadhan, Jangan Lupa Bayar Zakat

Hadits  
Berbagi bersama dengan anak yatim (dok. Rumah Berkah)
Berbagi bersama dengan anak yatim (dok. Rumah Berkah)

Ramadhan adalah bulan untuk berbagi. Bulan yang melatih setiap Muslim untuk merasakan penderitaan kaum fakir miskin. Pada bulan yang agung ini, setiap pribadi Muslim dianjurkan untuk menunaikan zakat, memperbanyak infak dan sedekah, membantu fakir miskin, dan orang-orang yang lemah (membutuhkan).

Rasulullah SAW bersabda : “Seutama-utamanya sedekah adalah pada bulan Ramadhan.” (HR Tirmidzi).

Ramadhan disebut pula dengan Syahru al-Jud (bulan kedermawanan), karena pada bulan ini umat Islam dianjurkan agar lebih banyak memberikan bantuan kepada orang lain, terutama fakir miskin.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Selain itu, bulan Ramadhan juga dijuluki dengan Syahru al-Muwasah (bulan memberikan pertolongan bagi orang-orang yang berhajat).

Dalam sebuah riwayat disebutkan, “Seandainya umatku mengetahui akan keutamaan yang terdapat pada bulan Ramadhan, niscaya mereka akan memintanya supaya seluruh bulan seperti bulan Ramadhan.”

Pengertian Zakat

Zakat adalah salah satu rukun Islam yang lima. Zakat berarti tumbuh dan bertambah. Selain itu juga bisa berarti berkah, bersih, suci, subur dan berkembang maju. Menunaikan zakat merupakan perintah Allah SWT.

“Dan dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat dan taatlah kepada Rasul, supaya kamu diberi rahmat.” (QS An-Nur [24]: 56).

Dalam ayat yang lain, Allah menjelaskan bahwa orang yang menaati perintah Allah, khususnya dalam menunaikan zakat, niscaya Allah akan memberikan rahmat-Nya, dan mengembalikannya seperti bayi yang baru dilahirkan. Ia putih, bersih, dan tak bernoda.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Rumah Berkah adalah lembaga nirlaba, yakni Yayasan Rumah Berkah Nusantara. Lembaga ini bergerak dalam bidang Sosial, Keagamaan, dan Kemanusiaan.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image