Utrujah: Perbedaan Mukmin dan Munafik Membaca Al-Quran

Al Quran  
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Al-Quran adalah kitab suci umat Islam. Al-Quran merupakan kalamullah (firman Allah), yang disampaikan kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam (SAW) melalui perantara Malaikat Jibril.

Menurut Pakar Al-Quran, Subhi As-Shalih, dalam kitabnya Mabahits fii ‘Ulumil Qur’an, definisi Al-Quran itu adalah kitab Allah yang memiliki berbagai macam kemukjizatan dan diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantaraan Malaikat Jibril, dan menjadi ibadah bagi orang yang membacanya.

Berdasarkan hal tersebut, maka beruntunglah umat Islam yang senantiasa membaca Al-Quran, karena ia merupakan bagian dari ibadah. Dan tentu saja, akan senantiasa diberikan pahala dari setiap huruf yang dibacanya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Diriwayatkan dari Ibnu Mas'ud Radhiyallahu Anhu, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu “Alaihi Wa sallam bersabda:

 

مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ، وَالحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا، لَا أَقُولُ الم حَرْفٌ، وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلَامٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ

"Siapa yang membaca satu huruf dari Alquran maka baginya satu pahala, dan satu pahala itu dilipatgandakan menjadi sepuluh pahala. Aku tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf." (HR. At-Tirmidzi).

Artikel Terkait:

Ramadhan Superberkah

Amalan Agar Mudah Melunasi Utang

Kemuliaan Imam Syafii, Berasa Makin Bodoh dengan Mendapat Ilmu

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Rumah Berkah adalah lembaga nirlaba, yakni Yayasan Rumah Berkah Nusantara. Lembaga ini bergerak dalam bidang Sosial, Keagamaan, dan Kemanusiaan.

Twibbon Satu Abad NU

Sambut Satu Abad, NU Depok Gelar Apel Akbar

Habib Umar: Rajab Adalah Bulan Allah

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image