Doa-Doa Istimewa di Bulan Rajab

Doa  

Bulan Rajab, bulan ketujuh pada kalender hijriyah, merupakan salah satu bulan mulia (haram). Hal ini ditegaskan dalam Al-Quran surah At-Taubah [9]: 36 yang berbunyi:

اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌۗ ذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةًۗ وَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ

Artinya: “Sesungguhnya jumlah bulan yang ditetapkan oleh Allah adalah dua belas, dalam catatan Allah sejak Dia menciptakan langit dan bumi, yang empat di antaranya adalah bulan suci. Itu adalah jalan yang benar. Maka janganlah saling menganiaya selama bulan-bulan tersebut dan bersama-sama memerangi musyrik sebagaimana mereka memerangimu bersama-sama. Ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang bertakwa (kepada-Nya).” (QS At-Taubah: 36).

Keempat bulan mulia yang dimaksudkan adalah Muharram, Rajab, Dzulqa’dah, dan Dzulhijjah. Berdasarkan keterangan ayat di atas, Allah melarang umat Islam melakukan perbuatan aniaya (zalim), berperang, atau membunuh.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Karena merupakan bulan yang mulia dan utama, maka sudah sepantasnya bagi umat Islam untuk memperbanyak amal ibadah sunnah pada bulan mulia, khususnya di Rajab ini.

Beberapa doa yang sangat dianjurkan untuk dibaca pada bulan Rajab ini adalah sebagai berikut:

Berita Terkait:

Peristiwa Besar yang Terjadi di Bulan Rajab

Doa Awal Bulan Rajab Takkan Tertolak

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Official Media Yayasan Rumah Berkah Nusantara, part of Republika Network. email: [email protected], Silakan kirimkan inf

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image