Mukjizat Rasul: Bulan Terbelah

Al Quran  
Bulan (Ilustrasi)
Bulan (Ilustrasi)

Bulan Sya’ban merupakan salah satu bulan mulia dalam Islam. Bahkan, ada satu peristiwa besar yang terjadi pada bulan Sya’ban, yakni kemukjizatan Rasulullah SAW membelah bulan.

Dalam sejumlah Riwayat, peristiwa bulan terbelah itu terjadi bulan Sya’ban, tepatnya pada malam Nisfu Sya’ban, pertengahan bulan Sya’ban. Kemukjizatan ini ditunjukkan dan diabadikan Allah dalam Al-Quran, Surah Al-Qomar ayat 1-2.

اقْتَرَبَتِ السَّاعَةُ وَانشَقَّ الْقَمَرُ. وَإِن يَرَوْا آيَةً يُعْرِضُوا وَيَقُولُوا سِحْرٌ مُّسْتَمِرٌّ

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Telah dekat datangnya saat itu dan telah terbelah bulan. Dan jika mereka (orang-orang musyrikin) melihat suatu tanda (mukjizat), mereka berpaling dan berkata: “(Ini adalah) sihir yang terus menerus.” (QS al-Qomar: 1-2)

Imam Dahrowi di dalam sirahnya mengatakan bahwa telah ditemukan batu bertulis di Cina yang isi tulisannya adalah:

“Ini ditulis di malam terbelahnya bulan dan aku tidak tahu kenapa bulan terbelah.”

Terbelahnya bulan terjadi sebelum sampainya Islam kepada mereka. Para ulama sejarah mengatakan bahwa orang kafir Quraisy berkehendak untuk menunjukkan kelemahan Nabi ﷺ, maka mereka meminta banyak hal di antaranya adalah mereka meminta Nabi ﷺ untuk membelah bulan. Nabi ﷺ pun memohon kepada Allah ﷻ, dan terbelahlah bulan di malam Nisfu Sya’ban menjadi dua bagian. Satu tetap berada di tempatnya dan satu di atas gunung Abu Qubais, kemudian kembali menyatu. Nabi ﷺ bersabda kepada mereka:

اشْهَدُوا

Artinya: “Saksikanlah.” (HR Bukhari)

Dikatakan bahwa orang-orang yang melihat bulan dapat menyaksikan bekas terbelahnya bulan terdapat di sana sampai saat ini.

Dalam riwayat lain dikatakan, bahwa peristiwa itu terjadi sebanyak dua kali, sebagaimana Riwayat berikut:

فِرْقَتَيْنِ؛ فِرْقَةً فَوْقَ الْجَبَلِ، وَفِرْقَةً دُونَهُ

“Terbelah dua. Satu belahan di atas gunung. Belahan lainnya di sisi yang berbeda.” (HR. al-Bukhari dalam Kitab at-Tafsir Surat al-Qamar 4583).

Berita Terkait:

Doa Awal Rajab Takkan Tertolak

Apakah Mencium Istri Membatalkan Puasa?

Lanjut baca....

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Official Media Yayasan Rumah Berkah Nusantara, part of Republika Network. email: [email protected], Silakan kirimkan inf

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image