Inilah Keistimewaan Ramadhan

Agama  

Oleh: Syahruddin El Fikri

Ramadhan adalah salah satu bulan yang sangat mulia bagi umat Islam. Karena di dalamnya terdapat perintah untuk melaksanakan ibadah puasa selama sebulan penuh.

Ramadhan juga merupakan bulan yang istimewa, karena di dalamnya terdapat satu malam yang sangat mulia (lailatul qadar). Dan bagi mereka yang mengerjakan ibadah di malam tersebut, nilai pahalanya sama dengan beribadah selama seribu bulan. Lihat surah al-Qadar [97]: 1-5.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Pada malam kemuliaan itu, seluruh pintu langit di buka, segala doa di kabulkan, dosa-dosa diampuni, dan segala takdir telah ditentukan. Rasul SAW bersabda: “Barangsiapa yang berdiri melaksanakan shalat pada Lailatul Qadar karena iman dan mengharap pahala (dari Allah), niscaya diampuni segala dosa-dosanya yang telah lalu.” (Muttafaqun ‘alaih atau disepakati oleh ahli hadis).

Keistimewaan lainnya yang terdapat di bulan Ramadhan adalah diturunkannya Al-Qur’an pada tanggal 17 Ramadhan. Malam turunnya Al-Qur’an itu disebut dengan Nuzulul Qur’an. Al-Qur’an adalah kitab suci Al-Qur’an yang mengandung berbagai hikmah dan petunjuk hidup bagi umat manusia.

Keutamaan lainnya yang terdapat pada bulan Ramadhan dan tidak ditemukan di bulan lainnya adalah shalat Tarawih. Rasul SAW bersabda: “Barangsiapa yang berdiri melaksanakan shalat malam di bulan Ramadhan, dengan penuh keimanan dan keikhlasan (karena Allah), maka diampuni segala dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR Bukhari).

Karena itu, beribadah pada bulan Ramadhan, maka Allah akan melipatgandakan pahalanya, melebihi bulan-bulan lainnya. Keistimewaan itu diberikan secara khusus hanya pada Ramadhan. Dalam sebuah riwayat disebutkan, beribadah sunnah di bulan Ramadhan, ia bernilai wajib di bulan lainnya. Ini semua, karena kemuliaan dan keagungan bulan Ramadhan.

Selain itu, pada bulan Ramadhan ini, Allah juga akan mengampuni dan menghapuskan dosa-dosa anak Adam. Rasul SAW bersabda; “Shalat lima waktu, shalat Jumat ke shalat Jumat yang lainnya, dan Ramadhan ke Ramadhan berikutnya, menghapuskan dosa-dosa yang dilakukan di antaranya, jika dosa-dosa besar ditinggalkan.” (HR Muslim).

Dengan kemuliaan dan keistimewaan yang diberikan selama bulan Ramadhan itu, alangkah ruginya bila umat Islam tak bisa memanfaatkan momentum bulan penuh berkah tersebut secara baik.

Rasul SAW bersabda:

.........lanjut ke halaman berikutnya..........

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Official Media Yayasan Rumah Berkah Nusantara, part of Republika Network. email: [email protected], Silakan kirimkan inf

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image