Jangan Tinggalkan Sahur, Banyak Keutamaannya Lho

Agama  

Banyak Keutamaan Bersahur

Oleh Syahruddin El Fikri

Sahabat Rumah Berkah yang dirahmati Allah,

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Puasa adalah menahan makan dan minum serta dari hal-hal yang membatalkannya, sejak terbit fajar sampai terbenamnya matahari. Agar selama menjalankan ibadah puasa bisa lancar, dengan kondisi tubuh (fisik) yang kuat dan tidak lemah, maka sebelum terbit fajar, umat Islam dianjurkan untuk makan sahur. Tujuannya, agar saat berpuasa tidak mengalami lapar yang teramat sangat selama kurang lebih 14 jam (dari pukul 04.00-18.00).

Makan sahur sangat dianjurkan dan disunnahkan oleh Rasulullah SAW. Dan beliau melarang umat Islam meninggalkan makan sahur. Karena, terdapat banyak keutamaan dan manfaat di dalamnya.

Di riwayatkan dari Abu Said al-Khudri RA, Rasulullah SAW bersabda: “Makan sahur seluruhnya ada berkah, janganlah kalian meninggalkannya meskipun hanya minum seteguk air, karena Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada orang-orang yang bersahur.” (Hadis Shahih al-Jami’ as-Shaghir, No 5881).

Dalam bahasa Arab, as-sahur adalah benda makanan dan minuman untuk sahur. Adapun as-suhur adalah perbuatan makan sahur itu sendiri. (An-Nihayah, 2/347).

“Makan sahur adalah barakah maka janganlah kalian meninggalkannya meskipun salah seorang di antara kalian hanya minum seteguk air.” (HR Ahmad, hadis hasan, lihat Shahihul Jami’ish Shaghir, 1/686 no 3683).

Al-Hafizh Ibnu Hajar berkata: “Sahur dapat diperoleh seseorang yang makan dan minum meskipun hanya sedikit.” (Fathul Bari, 4/166).

...Lanjut...

Baca Juga: Keutamaan Tarawih

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Official Media Yayasan Rumah Berkah Nusantara, part of Republika Network. email: [email protected], Silakan kirimkan inf

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image