Jangan Tinggalkan Sahur, Banyak Keutamaannya Lho

Agama  

Dalam hadis lain, Rasulullah SAW bersabda: “Beda antara puasa kami dengan puasa ahli kitab ialah makan sahur.” (HR Muslim dan Abu Dawud).

Karena itu, Rasulullah SAW memerintahkan umatnya untuk senantiasa menyempatkan diri dengan makan sahur, walau hanya seteguk air atau sebiji kurma. Sebab, di dalamnya ada keberkahan bagi orang yang makan sahur.

“Bersahurlah karena dalam sahur itu terdapat keberkahan.” (Diriwayatkan oleh Asy-Syaikhan, At-Tirmidzi, Nasai dan Ibnu Majah).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dari Abdullah bin Al-Harits, ia berkata; “Saya pergi menenui Nabi Saw sedang bersahur, lalu sabdanya “Ia suatu keberkahan yang diberikan Allah kapada kalian, maka janganlah kalian tinggalkan dia.” (Hadis sahih dalam At-Targhib wat Tarhib, No 1061).

Baca Juga: Apakah Mencium Istri Membatalkan Puasa?

Menurut Rasul SAW, sahur itu adalah al-ghidza’ al-Mubarak, sebuah momentum yang penuh dengan keberkahan. “Keberkahan terdapat dalam tiga hal; yakni dalam kebersamaan (jamaah), saat berbuka puasa, dan makan sahur.” (Hadis sahih dalam At-Targhib wa at-Tarhib, No 1057).

Secara khusus, Allah SWT menjanjikan surga bagi orang-orang yang memohon ampunan di waktu sahur. Dalam surah Ali Imran [3] ayat 15-17, Allah berfirman; Katakanlah: “Inginkah aku kabarkan kepadamu apa yang lebih baik dari yang demikian itu?” Untuk orang-orang yang bertakwa (kepada Allah), pada sisi Tuhan mereka ada surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal didalamnya. Dan (mereka dikaruniai) isteri-isteri yang disucikan serta keridhaan Allah. Dan Allah Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya. (Yaitu) orang-orang yang berdoa: “Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami telah beriman, maka ampunilah segala dosa kami dan peliharalah kami dari siksa neraka, (yaitu) orang-orang yang sabar, yang benar, yang tetap taat, yang menafkahkan hartanya (di jalan Allah), dan yang memohon ampun di waktu sahur.”

.....Lanjut....

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Official Media Yayasan Rumah Berkah Nusantara, part of Republika Network. email: [email protected], Silakan kirimkan inf

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image