Inilah 10 Penyakit Lisan yang Bisa Mengantarkan ke Neraka

Hikmah  
Gara-gara lisan atau lidah bisa menyebabkan kecelakaan besar.
Gara-gara lisan atau lidah bisa menyebabkan kecelakaan besar.

Inilah 10 Penyakit Lisan yang Bisa Mengantarkan ke Neraka

Oleh Syahruddin El-Fikri

Sahabat Rumah Berkah yang dirahmati Allah.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Lidah memang tidak bertulang, tapi tajamnya kadang melebihi pedang. Begitulah kata pepatah yang menggambarkan betapa sadisnya lidah (lisan). Karena ucapan yang keluar darinya, sehingga bisa menyebabkan kecelakaan yang teramat besar. Bahkan, di Hari Kiamat nanti, pelakunya diancam dengan hukuman di Neraka. Na’udzu billaah.

Lisan dapat membuat fitnah. Bahkan antara satu orang dengan orang lainnya akan bertengkar karena salah dalam persepsi. Dan gara-gara lidah pula, maka dapat menimbulkan pertumpahan darah. Bahkan hanya untuk satu orang, tetapi bisa menyebabkan kerusakan atau pertikaian antara satu negara dengan negara lainnya.

Karena itu, Al-Quran bahkan menggambarkan bahwa lidah yang menyebabkan timbulnya fitnah, dikatakan lebih berbahaya dibandingkan pembunuhan. “Al Fitnatu, asyaddu minal qatli” (fitnah itu lebih kejam daripada pembunuhan). Membunuh yang menyebabkan hilangnya nyawa seseorang, belum seberapa bahayanya dibandingkan kecerobohan lidah.

Karena itu, Al-Quran seringkali mengingatkan akan bahayanya lisan. Dalam berbagai hadis, Rasulullah Shallallahu ‘Alayhi Wa sallam (SAW) juga banyak mengingatkan agar manusia menjaga lidahnya. “Salamatul Insan, fii hifzhil lisaan.” (Keselamatan seorang manusia adalah bagaimana dirinya mampu menjaga lisan (lidahnya)).

Berikut ini setidaknya ada 10 penyakit lisan (Aafaatul Lisaan) sebagai disebutkan oleh Abdullah bin Raadhy al-Ma’idi Al-Syamry dalam situs www.saaid.net. Ia menyebutkan 10 penyakit lisan yang harus diwaspadai umat manusia. Berikut ke-10 penyakit lisan tersebut.

Baca Juga:

Mbah Hasyim Asy'ari Menegur Menantunya yang Pakar Ilmu Falak

Keutamaan Khotmil Qur'an

Inikah Alasan Kenapa Allah Menamakan Dirinya dengan Allah?

Lanjut....

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Official Media Yayasan Rumah Berkah Nusantara, part of Republika Network. email: [email protected], Silakan kirimkan inf

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image