Selain Mbah Maimoen, Jasad Ulama Indonesia Ini Juga Masih Utuh

Agama  

Selain itu, makam ulama Indonesia, pengarang kitab Nasha’ihul Ibad, Tanqihul Qaul al-Hatsis, Maraqil ‘Ubudiyah, dan lainnya, yakni Syekh Nawawi Al-Bantani al-Jawi, diketahui juga dimakamkan di Ma’la. Beliau adalah ulama besar, dan kakek buyut dari Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin.

Syekh Nawawi Al-Bantani Al-Jawi, begitu harum namanya. Banyak ulama dan kyai di Indonesia yang belajar dengannya. Karenanya, beliau sangat popular dan dikagumi banyak umat.

Jasad Hamzah Masih Utuh

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Diceritakan bahwa, dulunya pemerintah Arab Saudi berencana untuk membongkar makam dan memindahkan tulang-tulang jenazah yang dimakamkan tersebut ke tempat lain. Namun, saat dilakukan penggalian, ternyata terdapat sejumalh jenazah yang jasadnya masih utuh, dan salah satunya adalah Syekh Nawawi Al-Bantani Al-Jawi. Akhirnya jasad beliau tidak jadi dipindahkan.

Sekian tahun kemudian, peristiwa serupa Kembali dilakukan. Pembongkaran dan pemindahan jenazah orang-orang yang berada di Maqbarah Ma’la akan dipindahkan ke tempat lain. Dan lagi-lagi, kuasa Allah, saat digali, jenazah Syaikh Nawawi Al-Bantani Al-Jawi juga masih utuh. Sehingga diputuskan untuk tidak jadi dipindahkan.

(Sya/RB)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Official Media Yayasan Rumah Berkah Nusantara, part of Republika Network. email: [email protected], Silakan kirimkan inf

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image