Keutamaan Kalimat LAA ILAAHA ILLALLAAH

Hadits  

و الملئكة يدخلون عليهم من كلّ باب سلام عليكم بما صبرتم فنعم عقبى الدّار = الرعد: 23-24

Artinya: Sedang malaikat-malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu; (sambil mengucapkan): “Salamun ‘alaikum bima shabartum = keselamatan atasmu berat kesabaranmu. Maka alangkah baiknya tempat kesudahan itu” (QS. 13 Ar Ra’ad: 23-24).

Nabi SAW bersabda:

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

ادّوا زكاة ابدانكم بقول لا اله الّا الله 

“Sampaikanlah zakat badan-badanmu dengan ucapan “LAA ILAAHA ILLALLAAH (Tidak ada Tuhan melainkan Allah).”

Diriwayatkan oleh Ibnu Asakir dari Ibnu Abbas ra. berkata: Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya ucapan LAA ILAAHA ILLALLAAH dapat menolak pembacanya dari 99 pintu bencana.

Nabi SAW bersabda: “Siapa membaca LAA ILAAHA ILLALLAAH maka keluarlah dari mulutnya seekor burung hijau dengan dua sayap putih yang berkulit dengan mutiara dan yakut, ia naik ke langit dan diperdengarkan padanya suara di bawah arasy bagaikan suara lebah, lali dikatakan padanya: “Diamlah” Sahutnya: “Tidak, sehingga engkau mengampuni saudaraku”. Maka ia mengampuni pembacanya. Kemudian dijadikanlah pada burung itu tujuh puluh mulut yang memohonkan ampun pada sahabatnya sampai hari kiamat. Maka jika terjadi kiamat burung itu datang sebagai penuntunnya dan penunjuknya ke surga.”

Nabi SAW bersabda:

ما من عبد يقول لا اله الّا الله محمّد رسول الله  الّا قال الله  تعال: صدق عبدى انا الله لا اله الّا انا. اشهدكم ياملائكتى قد غفرت له تقدّم من ذنبه وما تأخّر

“Tidaklah dari seorang hamba yang membaca LAA ILAAHA ILLALLAAH, MUHAMMADUR RASULULLAH melainkan Allah Ta’ala berfirman:”Benarlah hamba-Ku, Aku adalah Allah, tidak ada Tuhan melainkan Aku. Aku menjadikan saksi kamu semua hai para malaikat-Ku, Aku benar-benar telah mengampuninya dari dosanya yang telah berlalu dan yang akan datang.” Maksud dosa yang diampuni dalam hadits tersebut adalah dosa-dosa kecil.

Nabi SAW bersabda:

من قال لااله الّاالله خالصا مخلصا دخل الجنّة

“Siapa membaca “Laa ilaaha illallaah” dengan ikhlas semata-mata karena Allah, maka dia masuk surga.”

Ikhlas yang dimaksud dalam hadits di atas adalah dari pamer dan segala perbuatan terlarang. Maka dia masuk surga bersama orang-orang terdahulu.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Official Media Yayasan Rumah Berkah Nusantara, part of Republika Network. email: [email protected], Silakan kirimkan inf

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image