Inilah Lokasi yang Disinyalir Menjadi Tempat Turunnya Nabi Isa

Situs  
Masjid al-Umawi (Umayya) Damaskus, Suriah yang bermenara putih ini disinyalir sebagai tempat turunnya Nabi Isa ke bumi.
Masjid al-Umawi (Umayya) Damaskus, Suriah yang bermenara putih ini disinyalir sebagai tempat turunnya Nabi Isa ke bumi.

Inilah Lokasi yang Disinyalir Menjadi Tempat Turunnya Nabi Isa

Oleh Syahruddin El-Fikri

Sahabat Rumah Berkah yang dirahmati Allah SWT.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Seluruh umat Islam mempercayai bahwa Nabi Isa AS akan turun kembali ke bumi dan menyelamatkan umat manusia sebagaimana diterangkan dalam hadis yang diriwayatkan Muslim, Ahmad, Tirmidzi, dan juga Abu Dawud. Namun, beberapa ulama berbeda pendapat mengenai lokasi diturunkannya Isa.

Sebagaimana diriwayatkan oleh Thabrani, menjelang semua peristiwa diatas, tepatnya sebelum kiamat terjadi, Isa akan turun di sebuah menara yang ada di daerah Damsyik.

“Isa ibn Maryam akan turun di 'Menara Putih' (Al-Mannaratul Baidha') di Timur Damsyik (Damaskus). (HR Thabrani, dari Aus bin Aus).

Serupa dengan hadis di atas, terdapat juga riwayat dari Nawas bin Sam'an, Rasul SAW bersabda, “Lalu Isa turun di menara putih (Al-Mannaratul Baidha') sebelah timur Damaskus dengan memakai dua potong baju yang dicelup Za'faran dan Wars, dengan meletakkan kedua telapak tangan di atas sayap-sayap dua malaikat, jika dia menundukkan kepalanya maka menetes dan jika dia mengangkatnya maka turunlah air seperti mutiara. Maka tidak ada seorang kafir pun yang mencium aroma nafasnya kecuali dia pasti mati dan nafasnya tercium dari jarak sejauh pandangannya.”

Baca Juga: Beginilah Kabar Turunnya Nabi Isa

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Ibnu Katsir dalam kitabnya Qishash al-Anbiya', bahwa Isa akan turun di sebuah menara berwarna putih yang terletak di daerah Damaskus, di Syam (Suriah sekarang). Ketika itu, akan didirikan shalat Shubuh, Maka imam kaum muslimin berkata kepadanyanya; “Majulah wahai Ruhullah, jadilah imam.” Isa menjawab, “Tidak. Diantara kalian ada pemimpin-pemimpin yang telah dimuliakan oleh Allah dalam umat ini.” (HR Muslim dan Ahmad).

Di menara manakah itu? Menurut Sami bin Abdullah Al-Maghluts dalam bukunya Athlas Tarikh al-Anbiya' wa ar-Rasul (Atlas Sejarah Nabi dan Rasul), ada dua buah menara yang sangat mirip sebagaimana disebutkan dalam hadis diatas. Kedua menara itu adalah menara masjid al-Umawi yang dibangun oleh al-Walid bin Abdul Malik (Lihat Atlas Hadits, karya Syauqi Abu Khalil), dan menara tembok Damaskus. Kedua tempat tersebut memiliki kemiripan, yang diduga dari kedua tempat itulah Isa AS akan turun.

Artikel Terkait:

Berkah Maulid, Keluarga Yahudi Masuk Islam

Keutamaan Membaca Shalawat Nabi

Negeri yang Diazab Allah

Kisah Kehancuran Kaum Tsamud

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Official Media Yayasan Rumah Berkah Nusantara, part of Republika Network. email: [email protected], Silakan kirimkan inf

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image