Romantisme Shalawat Tarhim yang Legendaris

Pustaka  

Romantisme Shalawat Tarhim yang Legendaris

Oleh Juslich Hanafi

Mungkin sudah banyak sebelumnya yang mengulas Shalawat Tarhim, tetapi penulis disini ingin berbagi sisi romantisme masa kecil penulis, siapa sosok pelantun Sholawat Tarhim, dan bagaimana Sholawat Tarhim berpengaruh kuat terhadap masyarakat muslim Indonesia.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ketika masih anak-anak, pernahkan sobat mendengar lantunan Sholawat Tarhim yang khas, yang diputar di masjid-masjid menjelang sholat Magrib atau Subuh? Mungkin di tempat lain juga diputar menjelang adzan sholat fardhu yang lain di masjid-masjid atau di musholla-musholla.

Tentu banyak yang mendengarnya terutama yang lahir tahun 60-an hingga 90-an. Atau generasi milenialpun masih bisa menikmat lantunan shalawat tersebut jika tradisi memutar sholawat tersebut masih berjalan di tempat tinggalnya hingga sekarang.

Di kampung penulis, Surabaya, sholawat ini ada yang menyebutnya sola-sola. Kalau sudah sola-sola artinya waktu adzan Magrib sudah menjelang. Di bulan Ramadan, bagi anak-anak ada semangat tersendiri kalau sudah mendengar Sholawat Tarhim, yang kemudian disusul dengan bunyi bedug yang dipukul bertalu-talu, tak lama kemudian adzan berkumandang yang artinya mereka sudah bisa membatalkan puasanya.

Baca Juga: Syekh Khalil Al Hushary; Sosok Pelantun Sholawat Tarhim

Meski tidak hafal teks Sholawat Tarhim, atau hanya bisa meniru-nirukan beberapa kata saja, dan tak paham maknanya, ada kedamaian mendengarnya, dan, lagu merdunya menempel di kepala dari usia belia hingga senja kala.

Sekarang, kemajuan zaman memudahkan kita semua mendapatkan teks Sholawat Tarhim beserta audionya yang bisa diunduh secara percuma di internet.

Berikut teks dalam bahasa Arab dan transliterasi Sholawat Tarhim beserta artinya:

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Official Media Yayasan Rumah Berkah Nusantara, part of Republika Network. email: [email protected], Silakan kirimkan inf

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image