Sahabat Rasul Ini Gagal Jadi Orang Miskin

Hikmah  
Pedagang kurma (ilustrasi)
Pedagang kurma (ilustrasi)

Sahabat Rasul Ini Gagal Jadi Orang Miskin

Oleh Syahruddin El Fikri

Sahabat Rumah Berkah yang dirahmati Allah SWT.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Setiap manusia pasti bercita-cita menjadi orang kaya, harta berlimpah, rumah mewah, kendaraan bagus, dan lain sebagainya. Sebaliknya, ada sahabat Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam (SAW) yang justru meminta sebaliknya, yakni menjadi orang miskin.

Ya, Namanya adalah Abdurrahman bin Auf. Dia terkenal sebagai orang yang sangat kaya di kalangan sahabat Muhajirin. Berasal dari Kota Makkah, ia adalah saudagar kaya raya, nan dermawan. Tetapi ketika berhijrah dari Makkah ke Madinah, seluruh harta kekayaannya ia tinggalkan.

Dia pun kemudian mengikuti Rasulullah SAW dan mencari tempat usaha baru di Madinah. Ketika yang lain sibuk mencari tempat tinggal, Abdurrahman bin Auf justru meminta ditunjukkan lokasi pasar. Ia bermaksud melakukan perniagaan di pasar tersebut.

Baca Juga:

Agar Berkah, Berikut Ini Doa Masuk dan Keluar Rumah

Dahsyatnya Doa Seorang Pemburu

Singkat cerita, dia pun akhirnya berdagang hingga akhirnya menjadi orang yang kaya raya di Madinah. Selain kaya, ia juga dikenal sangat dermawan. Kekayaannya seolah tak pernah habis. Dia sedekahkan pagi hari, sore sudah kaya lagi. Sore dia sedekahkan, malam dia dapat lagi. Malam dia bersedekah, pagi harinya dia sudah kaya raya lagi.

Akhirnya pada suatu hari, dia mendengar ada orang yang mau menjual kurma busuk. Dia pun membeli kurma busuk itu dengan harga yang sangat mahal. Banyak sahabat-sahabatnya keheranan dengan apa yang dilakukan Abdurrahman bin Auf. Mereka menganggap, Abdurrahman bin Auf telah menjadi orang yang bodoh.

Sebaliknya, bagi Abdurrahman bin Auf, dia merasa beruntung. Sebab, dengan cara itu dirinya berharap, harta kekayaan segera habis hingga dirinya menjadi orang yang miskin. Hal itu dilakukannya karena dirinya ingin seperti doa yang disampaikan Rasulullah SAW, yakni hidup dalam keadaan miskin, wafat dalam keadaan miskin, dan dimasukkan ke dalam surga bersama-sama dengan orang miskin.

Baca Juga:

Agar Berkah, Berikut Ini Doa Masuk dan Keluar Rumah

Dahsyatnya Doa Seorang Pemburu

Lanjut....

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Official Media Yayasan Rumah Berkah Nusantara, part of Republika Network. email: [email protected], Silakan kirimkan inf

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image