Jejak dan Dakwah Nabi Ya'kub AS

Situs  

Setelah beberapa tahun di Harran, suatu daerah yang berdekatan dengan Fadam Aram, Nabi Yakub kembali ke Yabus atau Kanaan (Palestina), tempat ayahnya Ishaq. Ia membawa serta seluruh anak-anaknya. Dan ke-12 anak-anak Nabi Ya'kub inilah yang dipercaya sebagai awal mula pembagian kaum Yahudi dalam 12 golongan. Termasuk dalam kisah Nabi Musa AS saat ia memukulkan tongkatnya ke sebuah batu dan tiba-tiba memancarlah 12 mata air (uyun Musa) yang dibagikan kepada 12 kelompok kaum Yahudi.

Sebelum tiba di Kanaan, Ya'kub sempat menyinggahi Damaskus, untuk beristirahat. Selanjutnya ia meneruskan perjalanan menuju Kanaan, dan akhirnya menetap lama. Di Kanaan atau Yabus inilah, peristiwa penting yang dialami Nabi Yusuf, yakni ia dikucilkan oleh saudara-saudaranya, yang memasukkannya ke dalam sumur hingga akhirnya ditemukan oleh kafilah dari Mesir dan membawa Yusuf ke Mesir untuk dijual.

Perpisahan Ya'kub dengan Yusuf, putra yang paling disayanginya, meninggalkan luka mendalam pada diri Ya'kub. Hingga ia terus menangis dan akhirnya buta. Atas izin Allah, Yusuf yang kemudian menjadi bendaharawan Mesir, berhasil menyembuhkannya. Dan ketika kembali bertemu dengan Yusuf di Mesir, Ya'kub pun bersuka cita. Ia menumpahkan semua kerinduannya pada Yusuf.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Setelah beberapa lama di Mesir, Ya'kub kembali ke Palestina, tepatnya di Hebron, hingga wafatnya. Menurut sejumlah riwayat, Ya'kub dimakamkan berdampingan dengan makam Nabi Ishaq (ayahnya), dan Nabi Ibrahim (kakeknya), di kota Hebron (al-Khalil).

(sya/RB).

Baca Juga: Palestina adalah Mahsyar, Tempat Berkumpulnya Umat Manusia

Produk-Produk Ini Diduga Berafiliasi dengan Israel

Artikel Menarik Lainnya:

Pembahasan Al-Quran

Tempat Bersejarah di Dunia Islam

Ulasan Seputar Buku dan Kitab Klasik

Cerita Abu Nawas dan Humor Lucu

Silakan beri komentar atas berita ini, dan monggo dibagikan bila bermanfaat.

Terima kasih.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Official Media Yayasan Rumah Berkah Nusantara, part of Republika Network. email: [email protected], Silakan kirimkan inf

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image