Inilah Salah Satu Minuman Kesukaan Para Orang Saleh

Hikmah  

Inilah Salah Satu MInuman Kesukaan Para Orang Saleh

Orang-orang saleh menyukai minuman kopi dan biaanya tersedia kopi di majelis-majelisnya.

Sahabat Rumah Berkah yang dimuliakan Allah SWT.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sebagian orang tentu ada yang suka minum kopi dan ada pula yang tidak. Umumnya, bagi yang tidak suka, karena dapat menyebabkan perutnya kembung, takut tidak bisa tidur, terlalu pahit, dan lain sebagainya.

Tapi, bagi penikmat kopi sejati, bisa dikatakan tak ada kenikmatan yang benar-benar nikmat selain minum kopi. Ingat, ini hanya bagi penikmat kopi, jangan disalahtafsirkan. Tentu saja kopi yang dimaksud adalah kopi yang sesuai dengan keinginan si penikmatnya, mulai dari takarannya, tingkat kematangan airnya, dan disajikan dalam suasana yang santai. Dan bagi yang suka manis, bisa ditambah gula. Yang suka pahit, jangan campur dengan apapun, selain air matang.

Kebiasaan minum kopi ini sudah ada sejak zaman dahulu kala. Berabad-abad silam kopi sudah disajikan untuk khalayak. Bahkan, kopi merupakan minuman kesukaan para ulama dan orang-orang salih. Kok bisa? Mari disimak penjelasannya berikut ini.

Baca: Mukjizat Nabi Muhammad, Pohon Bisa Berjalan

Pada zaman dulu, seorang waliyullah yang bernama Sayid Ahmad bin Ali Bahr Al-Qadimy bercerita, bawa suatu hari ia pernah berjumpa dengan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassalm (SAW) dalam keadaan terjaga. Ia berkata kepada Nabi Muhammad SAW; “Wahai Rasulullah SAW, aku ingin mendengar hadis darimu tanpa perantara.” Maka kemudian Rasul SAW menyampaikan kepadanya tiga buah hadis, yakni:

Pertama, “Siapa yang di dalam sakunya ada tasbih, maka ia dihitung oleh Allah SWT sebagai orang yang selalu bertasbih dan berzikir, meski ia tak melakukannya (zikir).”

Kedua, “Selama rasa kopi ada di mulut seseorang, maka malaikat akan memintakan ampun untuknya.”

Ketiga, Barang siapa yang duduk di samping waliyullah meski hanya sekejap seperti orang yang memeras susu kambing maka itu lebih afhdal (utama) hukumnya, daripada dia beribadah hingga lelah (badan terpotong-potong).

Berkenaan dengan masalah kopi ini, Habib Hasan bin Ismail al-Muhdhor, berkata; “Mengapa minum kopi sangat dianjurkan?” Beliau menjawab: “Kopi itu membuat orang menjadi bersemangat untuk beribadah kepada Allah, menghilangkan rasa kantuk, dan membuatnya kuat.”

Artikel Lainnya:

- Amalan di Bulan Sya'ban

- Doa Mustajab di Akhir Bulan Rajab

- Kisah Orang Alim dan Orang Awam

- Perbanyak Sholawat

- Baca Sholawat JIbril Membawa Berkah


OUngkapan di atas, juga pernah disampaikan Syekh Muhammad Zaini bin Abdul Ghoni atau yang akrab disapa Abah Guru Sekumpul. Dalam suatu majelis, beliau menyampaikan, bahwa sebaiknya setiap santri (jamaah) meminum kopi. Karena di dalamnya banyak khasiatnya. Dan salah satunya, beliau mengutip perkataan dari Sayyid Ahmad bin Ali Bahr Al-Qadimi.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Official Media Yayasan Rumah Berkah Nusantara, part of Republika Network. email: [email protected], Silakan kirimkan inf

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image