Mukjizat Nabi Muhammad, Pohon Pun Bisa Berjalan

Hikmah  
Pohon kurma menjadi saksi keislaman seorang  Arab Badui kepada Rasulullah SAW. (Foto Ilustrasi).
Pohon kurma menjadi saksi keislaman seorang Arab Badui kepada Rasulullah SAW. (Foto Ilustrasi).

Mukjizat Nabi Muhammad, Pohon Pun Bisa Berjalan

Oleh Syahruddin El-Fikri

Sahabat Rumah Berkah yang dirahmati Allah SWT.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Setiap nabi dan rasul-rasul yang diutus oleh Allah SWT, memiliki mukjizat. Nabi Adam punya mukjizat, Nabi Nuh punya mukjizat, Nabi Nuh juga punya mukjizat, Nabi Isa, juga sama. Dan Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam (SAW) juga memiliki mukjizat atau keistimewaan.

Dalam berbagai riwayat dikatakan ada ribuan mukjizat yang dimiliki Rasulullah SAW. Ada kisah bulan terbelah, juga ada kisah tentang Gunung dan Unta yang bisa bicara. Dan mukjizat yang paling utama itu adalah Al-Quran Al-Karim. Sebagian ulama berpendapat bahwa mukjizat Rasulullah mencapai 3000 macam.

Baca Juga: Subhanallah, Mukjizat Nabi Muhammad Mencapai Ribuan Macam

Angka tersebut belum termasuk mukjizat Al-Quran yang—menurut sebagian riwayat—di dalamnya terdapat sekitar 60-70 ribu mukjizat. Mukjizat tersebut juga belum termasuk setiap perilaku, ucapan, dan tindakan Rasulullah SAW dalam menyebarkan dakwah Islam ke seluruh penjuru dunia.

Dari sekian banyak mukjizat Rasulullah tersebut, salah satunya adalah pohon yang bisa berjalan. Benarkah? Tentu saja peristiwa itu benar-benar terjadi. Berikut kisahnya.

Peristiwa ini bermula ketika Rasulullah S'AW tengah melakukan perjalanan yang cukup jauh. Dalam perjalanan tersebut. Baginda Nabi S'AW mengajak serta Uqail bin Abi Thalib. Dan Uqail inilah yang nantinya akan menjadi saksi nyata terhadap kebenaran peristiwa tersebut yang tidak pernah ia bayangkan sebelumnya. Peristiwa-peristiwa yang sungguh mengagumkan dan membuat keimanan hati Uqail semakin bertambah kuat.

Diceritakan bahwa, saat itu Rasulullah S'AW ingin buang hajat. Rasulullah S'AW berjalan ke sana-ke mari untuk menemukan tempat yang aman dan cocok untuk buang hajat. Namun setelah mencari-cari, Beliau tidak menemukan tempat yang cocok untuk melakukan itu. Karena posisi Beliau kala itu ada di tengah hutan, maka Rasulullah S'AW pun berkata kepada Uqail.

"Hai Uqail, teruslah engkau berjalan sampai ke pohon itu (beliau menunjuk beberapa pohon, pen), dan katakan kepada pohon-pohon itu bahwa sesungguhnya Rasulullah SAW memerintahkan kepada mereka, “agar kamu semua datang kepadanya untuk menjadi penutup (aling-aling, jawa) baginya (Rasulullah), karena sesungguhnya Baginda Nabi S'AW akan mengambil air wudhu dan buang air besar."

Setelah mendengar perintah tersebut, Uqail bergegas melangkahkan kakinya menuju pohon-pohon yang dimaksudkan Rasulullah. Namun.. belum pula Uqail sempat mengucapkan sepatah kata kepada pohon-pohon tersebut, mereka telah berjalan mendekati dan mengelilingi Rasulullah S'AW.

Melihat peristiwa aneh di hadapannya, Uqail hanya mampu terdiam sekaligus takjub akan kebesaran Allah SWT yang telah ia tunjukkan lewat pohon-pohon itu. "Masya Allah, baru kali ini aku melihat pohon itu berjalan." katanya dalam hati.

Baca juga:

- Amalan di Bulan Sya'ban

- Doa Mustajab di Akhir Bulan Rajab

- Kisah Orang Alim dan Orang Awam

- Perbanyak Sholawat

- Baca Sholawat JIbril Membawa Berkah

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Official Media Yayasan Rumah Berkah Nusantara, part of Republika Network. email: [email protected], Silakan kirimkan info

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image