Doa Minum Kopi Agar Semakin Barokah

Hikmah  

Doa Minuman Kopi Agar Semakin Barokah

Sahabat Rumah Berkah yang dirahmati Allah SWT.

Para ahli sufi juga sangat menyukai kopi. Mereka senantiasa menyediakan dan membuat kopi. Di majelis mereka senantiasa tersedia kopi.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Diceritakan oleh Sayyid Nahlawi bin Sayyid Khalil (wafat 1330 H), ada kisah khusus mengenai kopi dan seorang ahli sufi asal Maghribi. Ia mendapatkan cerita ini dari gurunya yang bernama Syaikh Salim Samarah.

Suatu ketika, sang sufi bertanya langsung soal kopi kepada Nabi SAW. Perjumpaan ini dalam kondisi sadar (terjaga). Dalam berbagai literatur klasik dan referensi tasawuf, para sufi bukan saja dapat berjumpa dengan Nabi SAW dalam mimpi, tetapi juga dalam keadaan terjaga (sadar).

Baca Juga: Lima Keutamaan Azan

Sang sufi kemudian bertanya kepada Rasul SAW: “Wahai Rasulullah, saya suka meminum kopi.” Rasul kemudian memerintahkannya untuk membaca doa saat hendak minum kopi. Sang sufi kemudian membaca doa:

Allahumaj’alha nuuran li basharii, wa ‘aafiyatan li badanii, wa syifaa’an li qalbii, wa dawaa’an li kulli daa’in, Ya Qawiiyyu Ya Matiinu. Bismillahirrahmanirrahiim.”

“Ya Allah, jadikanlah kopi yang saya minum ini sebaai cahaya bagi penglihatanku, kesehatan bagi tubuhku, dan penawar bagi hatiku, dan menjadi obat atas segala penyakit, Wahai Zat yang Maha Kuat lagi Maha Teguh Pendirian. Bismillahirrahmanirrahiim.”

Kemudian Rasul SAW bersabda: “Malaikat akan terus memintakan ampunan untukmu selama rasa kopi masih menempel di mulutmu.”

Baca Juga: Doa Minum Air Zamzam

Mengutip dari Imam Ibnu Hajar Al-Haitami, ia berkata:

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Official Media Yayasan Rumah Berkah Nusantara, part of Republika Network. email: [email protected], Silakan kirimkan inf

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image