Nuriyah, Sosok Ibu yang Melahirkan Anak Ajaib

Hikmah  

Ternyata, sang putra, Said Nursi, menjadi bintang yang kemudian memberikan cahaya bagi Turki. Ia yang hidup di era peralihan keruntuhan kekhalifahan Turki Utsmani dan kelahiran Turki modern itu menjadi orang yang paling vokal tentang dien atau din (agama).

Di era terakhir kekhalifahan Turki Utsmani, ketika korupsi merajalela, Said Nursi bangkit untuk melawannya. la memiliki para murid setia yang terus mendukung gerakannya. Nursi sempat ditawari jabatan, tetapi hal itu tak membungkam pemikirannya.

Perjuangannya masih berlanjut saat Kekhalifahan Turki Utsmani runtuh dan muncullah negara baru bernama Turki. Ketika sang bapak Turki melahirkan negeri Turki modern dengan melupakan bahasa Arab, Said Nursi muncul menolaknya dengan terus saja menulis karya-karya berbahasa Arab.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Karena itulah, dia juga dijuluki Akhirul Fursan (Ksatria Terakhir). Karena dirinya menjadi saksi sejarah sekaligus tokoh utama di masa akhir pemerintahan Turki Utsmani dan bergantinya menjadi Turki modern. Ia pula yang gigih menentang kezaliman Mustafa Kemal Atturk, sang pemimpin Turki modern.

Ketika Turki menjadi negara sekuler dan mengesampingkan Islam, Said Nursi menjadi penentang utama dan berupaya mempertahankan adanya negeri Islam di tanah Turki.

Semua kiprah Nursi tersebut tak lekang dari perjuangan dan pengorbanan ibunda, Nuriyah. Ia-lah sosok di balik nama besar Said Nursi. la-lah sosok dibalik kegemilangan Said Nursi. Sejak hamil, melahirkan, menyusui hingga membesarkan Nursi, Nuriyah selalu lekat dengan agama. Maka, berhasil-lah ia dengan putranya sang pembela agama.

(sya/Rumah Berkah)

Baca juga:

- Amalan di Bulan Sya'ban

- Doa Mustajab di Akhir Bulan Rajab

- Kisah Orang Alim dan Orang Awam

- Perbanyak Sholawat

- Baca Sholawat JIbril Membawa Berkah

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Official Media Yayasan Rumah Berkah Nusantara, part of Republika Network. email: [email protected], Silakan kirimkan inf

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image