Marhaban Ya Ramadhan; Selamat Datang Wahai Bulan Mulia

Hikmah  

Dalam agama lain pun dikenal pula istilah puasa. Misalnya dalam agama Buddha, Kristen, Hindu, Yahudi, Majusi, Zoroaster, Manu, Sabi`in, dan lainnya. Hanya saja, puasa yang mereka lakukan, berbeda waktunya dengan puasa yang dijalankan umat Islam. Umat Islam berpuasa dengan tujuan menjadi orang yang bertakwa dengan cara mengendalikan diri dari makan dan minum serta hal-hal yang membatalkannya. Sedangkan umat lainnya, memiliki tujuan puasa yang berbeda pula. Antara lain, untuk kesaktian, kekebalan, kebatinan, olah kanuragan, dan lain sebagainya.

Ramadhan adalah bulan yang sangat mulia. Rasulullah SAW bersabda: “Man shama Ramadhana imanan wahtisaban, ghufira lahu ma taqaddama min dzanbih.” “Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan, dengan penuh keimanan dan keikhlasan (karena Allah), maka diampuni segala dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR Bukhari dari Abu Hurairah RA).

Dalam hadis lain dikatakan; “Man qama Ramadhana imanan wahtisaban, ghufira lahu ma taqaddama min dzanbih.” “Barangsiapa yang berdiri melaksanakan shalat malam di bulan Ramadhan, dengan penuh keimanan dan keikhlasan (karena Allah), maka diampuni segala dosa-dosanya yang telah lalu.”

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Demikian besarnya pahala yang terdapat dalam bulan Ramadhan, terutama bagi yang berpuasa, maka Allah menjanjikan balasan khusus baginya. “Semua ibadah anak cucu Adam adalah untuknya, kecuali puasa. Sesungguhnya puasa itu untuk-Ku, dan Aku-lah yang akan membalasnya.” (Hadis Qudsi).

Dengan berbagai macam kebajikan dan pahala yang dijanjikan, sudah sepantasnya umat Islam untuk menyambut gembira datangnya bulan yang penuh ampunan dan berkah dari Allah ini dengan penuh kegembiraan. Sebab, didalamnya terdapat jutaan pahala yang akan diberikan kepadanya. “Barangsiapa yang bergembira dengan datangnya bulan Ramadhan, maka Allah akan mengharamkan dirinya dari sentuhan api neraka.”

Oleh karena itu, saat tiba bulan Ramadhan, hendaknya setiap Muslim dapat mempersiapkan diri untuk meraih berbagai macam hikmah, ampunan, rahmat, dan kasih sayang dari Allah SWT. Karena, Ramadhan adalah bulan yang diberkahi, bulan dikabulkannya segala doa, dan diampuninya segala dosa. Bulan penggodokan untuk menjadi muslim yang bertakwa kepada Allah SWT.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Official Media Yayasan Rumah Berkah Nusantara, part of Republika Network. email: [email protected], Silakan kirimkan inf

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image