Enam Perbuatan Ini Dapat Menghapus Pahala Amal Kebaikan

Agama  

3. Cinta Dunia

Hubbuddunya atau cinta kepada dunia merupakan salah satu perbuatan yang harus dihindari. Sebab, kecintaan kepada harta dunia, kecintaan terhadap materi, dapat menjerumuskan seseorang pada kesesatan.

Dalam Al-Quran dikatakan, dunia ini hanyalah sandiwara, sebatas guyonan semata, bahkan dunia hanyalah senda gurau. Dalam hadis disebutkan, dunia ini hanya perhiasan, ia dibuat indah supaya orang tertarik, sehingga membuat orang lupa atau terlena.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

4. Kurang Memiliki Rasa Malu

Belakangan ini, sifat atau rasa malu, perlahan sudah mulai luntur. Rasa malu sudah mulai memudar. Banyak orang yang tak merasa malu melakukan perbuatan dosa, memamerkan aurat ke khalayak ramai, bahkan menjual tubuh demi popularitas dan kepentingan hawa nafsu.

Sopan santun terhadap orang tua, kepada guru, kepada pemimpin, sudah mulai memudar. Tak jarang, ada siswa yang melaporkan gurunya ke polisi atau pengadilan, bahkan ada anak yang melaporkan orang tuanya ke meja hijau. Mereka tidak merasa malu bahwa perbuatan tersebut adalah salah, namun hawa nafsu mereka sudah merasuk ke dalam jiwa sehingga mereka tidak menyadarinya. Hal ini dikarenakan rasa malu sudah tak ada lagi dalam hatinya.

5. Panjang angan-angan

Thuulul Amal (panjang angan-angan), tinggi keinginan. Ini adalah salah satu ciri manusia yang akan terhapus pahala amal kebajikannya karena keinginannya yang tinggi, tetapi tidak menyadari akan batas dirinya.

Seandainya diriku kaya, maka...

Seandainya aku punya jabatan, maka aku akan....

Seandainya wajahku seperti artis, maka....

Banyak sekali angan-angannya, namun dia tidak sadar ingin kehidupan yang lebih baik tapi dirinya sendiri tidak mau berupaya maksimal, apalagi beribadah kepada Allah SWT.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Official Media Yayasan Rumah Berkah Nusantara, part of Republika Network. email: [email protected], Silakan kirimkan inf

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image